get app
inews
Aa Read Next : Berkah Lebaran, Omzet UMKM Diprediksi Melesat

Takut Kolesterol Naik Saat Lebaran, Jauhi Makanan Ini 

Kamis, 28 April 2022 | 10:34 WIB
header img

PROBOLINGGO, iNews.id - Setelah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, umat Muslim akan menyambut Hari Kemenangan Idulfitri atau Lebaran. Hal yang akrab dijumpai saat Idulfitri adalah silaturahmi dan hidangan khas Lebaran.

Beberapa hidangan khas tersebut justru bisa membuat kolesterol melonjak. Apalagi jika dikonsumsi berlebihan dan kurang waspada dalam menjaga asupan.

Dokter spesialis gizi klinis di RS Siloam Kebon Jeruk dr Sheena R Angelia, MGizi, SpGK mengungkap ada sejumlah hidangan yang biasa disajikan di hari lebaran dapat memicu lonjakan kolesterol. Apa saja sih?

“Konsumsi makanan tinggi kolesterol, contohnya daging berlemak, jeroan, dan makanan tinggi lemak jenuh, seperti kue kering, cake, hidangan bersantan dan digoreng memang bisa memicu lonjakan kolesterol,” kata dr Sheena seperti dikutip dari siaran pers yang diterima MNC Portal, Rabu (27/4/2022).

Kondisi ini bisa diperparah jika Anda menjalani pola makan dan gaya hidup tak sehat selama bulan Ramadan. “Apalagi jika selama berpuasa, kita juga cenderung berbuka dengan menu yang rendah nilai nutrisinya, tinggi gula dan lemak, diikuti dengan penurunan aktivitas fisik,” ujarnya.

Hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya dislipidemia. Dislipidemia ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol dan atau trigliserida atau penurunan kadar high-density lipoprotein (HDL).

“Inilah yang mendukung terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke,” ungkapnya.

Penting untuk mengetahui cara mencegah lonjakan kolesterol di hari Lebaran. Mulai dari mengatur pola makan selama lebaran, memperbanyak minum air putih, menyempatkan diri berolahraga, hingga berhenti merokok.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut