get app
inews
Aa Read Next : APK Pilkada di Kota Probolinggo Disita Bawaslu dan Tidak Dikembalikan Karena Membandel

Lima Kelurahan Kota Probolinggo, Dinobatkan Sebagai Pemenang Program Kampung Iklim

Jum'at, 11 Oktober 2024 | 06:48 WIB
header img
Lima Kelurahan Pemenang Program Kampung Iklim (foto : iNewsProbolinggo.id/Raphel)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id – Sebanyak lima kelurahan di Kota Probolinggo, dinobatkan sebagai pemenang lomba Kampung Iklim (Proklim) tingkat Kota, pada kamis (10/10/2024) siang.

Acara penyerahan dan penguatan sertifikat program Kampung Iklim ini digelar di Gedung Aula Bestari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), di Jalan Anggrek, nomor 15, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Dalam lomba tersebut, terdapat 10 kelurahan yang turut berpartisipasi meramaikan lomba Proklim antara lain seperti, Kelurahan Mayangan, Kelurahan Sukabumi, Kelurahan Pohsangit Kidul, Kelurahan Triwung Lor, Kelurahan Kedunggaleng, Kelurahan Wonoasih, Kelurahan Jrebeng Kulon, Kelurahan Jrebeng Lor, Kelurahan Curahgrinting, serta Kelurahan Kebonsari Wetan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Probolinggo, Retno Wandansari mengatakan, Program kampung Proklim ini sendiri merupakan program berlingkup Nasional, yang dikembangkan oleh  Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Yang bertujuan sebagai pendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK atau Gas Rumah Kaca,” terangnya.

Oleh sebab itulah lomba Proklim ini dilaksanakan di tingkat Kota Probolinggo. Lima kelurahan yang dinobatkan sebagai pemenang lomba tersebut antara lain yakni, Kelurahan Wonoasih, masuk sebagai juara harapan dua. Kelurahan Triwung Lor, sebagai juara harapan satu.

“Sedangkan juara tiga berhasil diraih oleh Kelurahan Pohsangit Kidul, serta di juara dua ada Kelurahan Mayangan, dan untuk juara satu, berhasil diraih oleh Kelurahan Jrebeng Lor,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Retno juga mengucapkan selamat kepada para pemenang, atas pencapaian yang telah diraih.

“Semoga pencapaian yang telah diraih saat ini, bisa menjadi penyemangat bagi seluruh warga Kota Probolinggo, untuk terus meningkatkan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim,” imbuhnya.

Retno juga mengatakan, dari program Proklim ini, diharapkan juga bisa berkontribusi besar membawa Kota Probolinggo kembali sebagai pemenang We Love City (WLC) 2024.

“Sekaligus mendukung upaya mempertahankan adipura serta dapat mewujudkan kota berketahanan iklim, untuk terus menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan anak cucu kita nanti,” tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut