get app
inews
Aa Read Next : Aksi Pencurian Rental Ps di Probolinggo Terekam CCTV

Non Gancu No Dwelling Time, DABN Probolinggo Dapat Apresiasi dari Kapal Pupuk Indonesia

Senin, 30 September 2024 | 19:20 WIB
header img
Proses bongkar muat Non Gancu No Dwelling Time di Pelabuhan PT DABN Probolinggo ( foto : iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Pelabuhan Delta Artha Bahari Nusantara (DABN) Probolinggo mendapat apresiasi dari PT Pupuk Indonesia serta kepercayaan sebagai tempat sandar Kapal pupuk bersubsidi oleh PT Pupuk Indonesia.

Setelah sukses dengan penyandaran dan pembongkaran pupuk pada kesempatan sebelumnya, Pelabuhan Delta Artha Bahari Nusantara (DABN) Probolinggo kembali dipercaya oleh PT Pupuk Indonesia sebagai tempat sandar kapal pupuk subsidi

Kali ini, kapal KM Maritim Trans yang memuat 2.900 MT pupuk dari PT Pupuk Sriwidjaja Palembang tiba di pelabuhan DABN, membawa muatan untuk didistribusikan ke wilayah Jawa Timur seperti Probolinggo, Malang, Situbondo, Bondowoso dan sekitarnya.

Penyandaran KM Maritim Trans ini merupakan kali kedua Pelabuhan DABN Probolinggo menjadi titik utama dalam rantai distribusi pupuk nasional. 

"Kami sangat mengapresiasi kinerja Pelabuhan DABN Probolinggo yang telah memenuhi standar tinggi dalam operasional bongkar muat pupuk subsidi. 

Hal ini tentu membuat kami kembali memilih pelabuhan ini sebagai tempat sandar untuk kapal KM Maritim Trans, membawa pupuk Sriwidjaja dari Palembang," Ujar Kepala Cabang PT BGR Logistik Indonesia Cabang Surabaya Shohibul Iman.

Lebih lanjut,  PT BGR  Logistik Indonesia sangat mengapresiasi dikarenakan selama proses awal pembongkaran tidak ditemukan pengguanaan gancu oleh tenaga kerja bongkar muat (tkbm) baik di dalam Palka kapal dan didalam gudang sehingga kerusakan pupuk cenderung dapat diminimalisir.

"Kami berharap untuk kapal pupuk selanjutnya yang akan sandar di pelabuhan DABN tidak ada kendala apapun saat proses pembongkaran dan PT DABN terus melakukan upaya perbaikan dan peningkatan kinerja pembongkaran kapal pupuk mengingat aktifitas ini akan berjalan seterusnya," harapnya.

Sementara Dirut BUP PT DABN Hadi Mulyo Utomo mengatakan, bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh PT DABN semata untuk memajukan perusahaan dengan meningkatkan kualitas layanan utamanya kepada pengguna jasa.

Semua langkah pengelolaan perusahaan yang diambil direksi BUP PT DABN, semata-mata dimaksudkan untuk memajukan perusahaan, melalui peningkatan kualitas layanan secara profesional kepada Pengguna Jasa dan kami terus berkomitmen melakukan pembenahan dan efisiensi demi terwujudnya Pelabuhan Umum terbaik milik Pemerintah Jatim,” ungkapnya.

Pelabuhan DABN telah membuktikan diri sebagai salah satu pelabuhan yang kompeten dengan berbagai keunggulan yang berhasil ditunjukkan dalam proses bongkar muat pupuk," ungkapnya.

1. Keberhasilan Non-Gancu
Salah satu prestasi penting yang diakui PT BGR Logistik Indonesia (BUMN) adalah tidak adanya penggunaan gancu oleh tenaga kerja bongkar muat (TKBM), baik di dalam palka kapal maupun di gudang penyimpanan. 

Hal ini secara signifikan mengurangi risiko kerusakan pupuk selama proses pembongkaran dan penyimpanan, menjaga kualitas pupuk yang siap didistribusikan kepada distributor maupun petani. 

Dengan mengeliminasi penggunaan alat yang berisiko, kerusakan pada pupuk dapat diminimalisir.

2. Tepat Waktu, Tanpa Dwelling Time 

Pelabuhan DABN Probolinggo juga berhasil mengelola kegiatan bongkar muat secara efisien, tidak ada waktu tunggu (dwelling time) yang menghambat proses distribusi. 

Ketepatan waktu ini sangat penting dalam menjamin pupuk sampai ke tangan distributor dan petani tanpa adanya keterlambatan. 

Proses yang lancar ini mendukung ketahanan pangan nasional dengan menjamin ketersediaan pupuk secara tepat waktu.

3. Kinerja Sesuai Standar Pupuk Indonesia dan PT BGR Logistik Indonesia (BUMN)
Proses pembongkaran pupuk di pelabuhan DABN Probolinggo juga berjalan sesuai standar kinerja yang ditetapkan oleh PT Pupuk Indonesia dan PT BGR Logistik Indonesia (BUMN). 

Hal ini memastikan bahwa operasional yang dilakukan tidak hanya efisien tetapi juga berkualitas, mendukung kelancaran distribusi pupuk yang sangat dibutuhkan di wilayah Jawa Timur.

4. Ketersediaan Gudang yang Memadai Salah satu keunggulan strategis Pelabuhan DABN Probolinggo adalah ketersediaan gudang penyimpanan yang memadai.

Gudang-gudang ini telah difungsikan sebagai Supply Point Pupuk Indonesia, memungkinkan distribusi pupuk ke seluruh gudang pendukung dan distributor di seluruh wilayah Jawa Timur, termasuk Probolinggo, Malang, Situbondo, Bondowoso dan sekitarnya. 

Fasilitas ini menjadi faktor kunci dalam mendukung ketepatan distribusi dan menjaga stok pupuk yang stabil di daerah-daerah pertanian utama.

Keberhasilan ini juga diharapkan menjadi standar baru dalam operasional bongkar muat di pelabuhan DABN, yang diprediksi akan menjadi salah satu pelabuhan penting untuk distribusi pupuk di Jawa Timur.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut