get app
inews
Aa Read Next : Paslon Pilkada Probolinggo GH-RF dan ZR Mengaku Nomor Urut Yang Didapat Sesuai Harapan

Selamatan Desa Pengingat Sejarah Awal Mula Munculnya Desa Sumber Kedawung Probolinggo

Sabtu, 28 September 2024 | 17:59 WIB
header img
kegiatan selamatan desa saat berlangsung (foto : iNewsProbolinggo.id/Doni)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Selamatan Desa Sumber Kedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo pada jumat (27/9/2024), menjadi tradisi tahunan masyarakat setempat, sebagai pengingat awal mula terbentuknya desa di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Kepala Desa Sumberkedawung, Samsul Arifin mengatakan, selamatan desa sebagai simbol pengingat warga bagaimana sejarah munculnya pemukimaan di dekat Pabrik Kertas Leces tersebut.

"Ini merupakan agenda tahunan selamatan desa yang diselenggarakan oleh warga desa, ya serangakaian acara kita adakan, seperti pengajian bersama, khatam, dan Tahlil bersama," terangnya.

Samsul Arifin mengatakan, dalam selamatan desa ini juga mengundang seluruh warga Desa Sumberkedawung. Baik dari Muslimat, dan seluruh tokoh masyarakat.

"Ya bersyukur selama perhelatan selamatan desa tahun ini, berlangsung lancar, meriah, dan tanpa hambatan, saya berharap, di tahun depan, selamatan desa seperti saat ini, bisa lebih meriah, dan lebih baik lagi dari saat ini," ucapnya.

Hal senada juga diucapkan oleh Heriagus Mardianto, sebagai salah satu tokoh masyarakat Desa Sumberkedawung. Ia mengaku di era digital seperti saat ini, dia tidak mau generasi muda melupakan bagimana sejarah terbentuknya desa.

"Ya tentu kegiatan ini sangat baik dan positif ya, syukur alhamdulillah ternyata antusias warga setempat sangatlah tinggi," tuturnya.

Ia berharap dengan digelarnya selamatan desa ini, masyarakat Desa Sumberkedawung bisa lebih guyub, rukun, makmur, dan sejahtera.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut