get app
inews
Aa Read Next : Rumah Warga di Probolinggo Terbakar, Diduga Karena Obat Nyamuk

Bahaya, Reaktor Nuklir Ukraina Terbakar Usai Digempur Rusia

Jum'at, 04 Maret 2022 | 09:32 WIB
header img
Reaktor nuklir terbakar

UKRAINA, iNews.id - Satu reaktor nuklir di PLTN Zaporizhzhia Ukraina terbakar akibat gempuran Rusia. Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba memperingatkan jika PLTN terbesar di Eropa itu meledak dampaknya bisa 10 kali lipat dari Chernobyl.

Ukraina saat ini dilaporkan kesulitan memadamkan kebakaran di PLTN yang terletak di Kota Enerhodar itu karena pasukan Rusia menembaki tim pemadam.

Wali Kota Enerhodar, Dmytro Orlov, mengatakan bahwa kebakaran terjadi usai pertarungan sengit antara pasukan Rusia dan Ukraina di dekat PLTN Zaporizhzhia.

Pihak berwenang Ukraina memang melaporkan bahwa Rusia terus meningkatkan upaya untuk merebut PLTN tersebut. Tank-tank Rusia dilaporkan menggilas jalanan di sekitar PLTN, tapi dihalangi warga sekitar.

Ratusan warga Ukraina dilaporkan memblokade jalan besar menuju PLTN Zaporizhzhia. Sejumlah video di media sosial memperlihatkan warga berkerumun sembari mengibarkan bendera Ukraina.

Selain memasang badan, warga Ukraina juga memarkir truk-truk sampah di sepanjang jalan agar tentara Rusia tak dapat bergerak mendekat ke PLTN tersebut.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut