get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Jalan Menuju Akses Pertanian Diperbaiki, Petani di Probolinggo Sumringah

Hutan Gunung Argopuro Terbakar, Masuk Wilayah Administrasi Probolinggo

Selasa, 03 September 2024 | 21:24 WIB
header img
Nampak kepulan asap di hutan Argopuro (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Hutan Gunung Argopuro, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo terbakar pada Selasa (3/9/2024). Berdasarkan titik koordinat, kebakaran terdeteksi di Desa Plaosan, Kecamatan Krucil.

Namun lokasi tersebut pada aplikasi google maps bukan berada di alamat Plaosan. Melainkan hanya signal dan tower GPS yang masih mengikuti lokasi tersebut. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Zubaidullah mengatakan, Lokasi kebakaran berada di resort KSDA wilayah Bermi (BKSDA wilayah III Jember) dan masuk administratif Kabupaten Probolinggo.

Wilayah yang terbakar merupakan semak-semak, ilalang atau rumput, daun kering dan hutan cemara. Dan kebakaran diketahui  dari informasi aplikasi SIPONGI KLHK HOTSPOT.

"Kebakaran terdeteksi pada lokasi yang sebenarnya di atas lereng Argopuro. Tepatnya dibawah rawa embik, jaraknya kurang lebih 10 kilometer dari Desa Plaosan," terangnya.

Pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Forkopimka Krucil, KSDA Wilayah Resort Bermi, Koordinasi dengan BPBD Situbondo dan BPBD Bondowoso. Serta menutup jalur pendakian ke Gunung Argopuro.

Selanjutnya upaya pemadaman api dilakukan pada titik yang telah terdeteksi. Sayangnya wilayah memiliki medan yang sulit dan jauh dari pemukiman sehingga upaya pemadaman masih memerlukan waktu.

"Untuk sementara TRC PB bersama Polhut melakukan pengecekan lokasi kebakaran  terdekat," jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut