get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Jalan Menuju Akses Pertanian Diperbaiki, Petani di Probolinggo Sumringah

10 Destinasi Wisata Terpopuler di Probolinggo: Air Terjun Menawan hingga Candi Warisan Majapahit

Rabu, 11 September 2024 | 13:23 WIB
header img
Pemandangan Gunung Bromo Foto: iNewsProbolinggo.id/Raphel Azizah

JAKARTA, iNewsProblinggo.id - 10 Destinasi Wisata Terpopuler di Probolinggo berikut ini bisa masuk daftar destinasi liburan Anda selanjutnya. Probolinggo adalah sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, khususnya di wilayah Tapal Kuda.

Kota ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan dan berbagai destinasi wisata yang berhubungan langsung dengan alam. Keindahan Probolinggo membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi kota ini, baik untuk berlibur maupun sekadar menikmati keindahan alamnya.

Berbagai tempat wisata di Probolinggo menawarkan keindahan yang luar biasa, menjadikannya kaya akan destinasi wisata alam yang menawan. Jika Anda bingung memilih tempat wisata di kota ini, berikut Okezone telah merangkum 10 tempat wisata paling populer di Probolinggo. 

10 Destinasi Wisata Terpopuler di Probolinggogo 

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo masih termasuk bagian dari Kota Probolinggo. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang masih aktif di Jawa Timur. 

Gunung ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, cocok untuk Anda yang suka berfoto-foto. Pemandangan dan suasana yang menakjubkan karena hamparan kawah yang luas, serta kabut yang menyejukkan. 

Anda dapat berpetualang meenggunakan Jeep untuk mengelilingi gunung ini. Untuk tiket masuk Gunung Bromo sendiri sekitar Rp30 ribu untuk wisatawan domestik pada hari biasa dan Rp35 ribu pada akhir pekan. Adapun harga tiket untuk wisatawan asing yaitu Rp220 ribu untuk hari kerja dan Rp320 ribu untuk hari libur. 

2. Air Terjun Watu Lawang

Destinasi ini berlokasi di Petungsari, Ngepung, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Panggok, Jawa Timur. Menyuguhi keindahan alam air terjun yang sejuk, yang dikelilingi dua tebing. Suasana di tempat ini menenangkan dengan disuguhi pepohonan yang rindang. 

3. Gili Ketapang

Gili Ketapang menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Jawa Timur. Pemandangannya yang indah, dengan hamparan pasir putih serta laut yang membentang. 
Tempat ini memiliki sumber daya laut yang unik dan menarik, dan tempat ini sering dijadikan aktivitas bersnorkeling para wisatawan.

Harga paket untuk berwisata di tempat ini cukup terjangkau, yaitu Rp100 ribuan. Lokasi tempat wisata Pulau Gili Ketapang terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. 

4. Hutan Mangrove BJBR

Salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan yang eksotis hutan bakau dan tepi laut Probolinggo adalah wisata mangrove BJBR (Bee Jay Bakau Resort). Tempat ini sangat cocok untuk rencana liburan guna menghilangkan jenuh. 
Di tempat ini Anda juga dapat melakukan aktivitas outbound, yang cukup membayar Rp30.000 (weekdays) dan Rp50.000 (weekend).

Saat hari libur, tiket masuknya menjadi Rp60.000 per orang. Berlokasi di dekat Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, BJBR berjarak sejauh 13 kilometer dari Gerbang Tol Probolinggo Utara. 

5. Danau Ranu Agung

Danau ini masih jarang diketahui oleh banyak orang, namun keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi. Anda dapat menemukan ketenangan di danau ini, dengan danaunya yang bersih dan jernih. Danau Ranu Agung ini terbentuk dari aktivitas vulkanik Gunung Lemongan. 

Danau ini dikenal juga dengan nama Ranu Tebing karena dikelilingi tebing-tebing tinggi. Danau ini berlokasi di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Untuk harga tiketnya cukup terjangkau, yakni hanya sebesar Rp5.000 per orang.

6. Pantai Duta

Pantai Duta terkenal dengan keindahan alamnya yang memiliki daya tarik sendiri. Selain keindahan matahari tenggelam, Anda dapat melihat atraksi lain dari hiu tutul, hiu paus, hingga ubur-ubur. Pantai Duta terletak di Dusun Gilin, Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

7. Seruni Point

Seruni Point ini cocok untuk Anda yang suka berfoto-foto. Tempat yang menawarkan banyak spot foto yang menarik, dan keindahan matahari terbenam. 

Seruni Point juga dikenal sebagai Penanjakan 2, yang dibangun untuk memenuhi tingginya minat para pemburu matahari terbit di Gunung Bromo. Tempat ini berlokasi di Ngadisari, Sukapura, Area Pegunungan, Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. 

8. Candi Jabung

Candi Jabung merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit. Candi ini memiliki keunikan pada batanya yang berwarna merah, Candi Jabung juga memiliki pintu masuk dan tangga yang berada di sisi barat atau depan bangunan. 
Candi ini berlokasi di Dusun Candi, Jabung Candi, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Wisatawan tidak perlu membayar untuk masuk menikmati keindahan candi. 

9. Madakaripura Forest Park

Madakaripura Forest Park merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang populer di Probolinggo. Tempat wisata ini menawarkan berbagai spot foto yang indah, dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. 
Tempat ini terletak di Desa Terseno, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, yang memiliki udara yang sejuk dan segar. 

10. Sky Games Probolinggo 

Tempat wisata yang cocok untuk anak-anak. Berlokasi di Toko KDS, tepatnya di Jalan Dr.Sutomo Nomor 60A, Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.
Madakaripura Forest Park(Foto: Instagram/@garybhaztara)

Tempat yang ramah untuk anak dan pilihan yang cocok untuk bersama dengan anak. Harga tiketnya terjangkau, hanya Rp48.000 saja. Walau begitu, wahana permainan yang disediakan cukup beragam. 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut