get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Jalan Menuju Akses Pertanian Diperbaiki, Petani di Probolinggo Sumringah

Desa Seneng Krucil Doakan Leluhur Melalui Pengajian di HUT RI, Datangkan KH. Kholil Yasin Madura

Selasa, 03 September 2024 | 21:34 WIB
header img
KH. Kholil Yasin saat memberikan ceramah agama (foto : iNewsProbolinggo.id/hendra)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Desa Seneng, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo mendoakan sesepuh atau leluhur desa melalui pengajian umum. Kegiatan dikemas dalam rangka selamatan Desa dan Perayaan HUT RI tahun 2024. 

Kegiatan digelar di halaman rumah kepala desa setempat, pada Minggu (1/9/2024), yang dihadiri oleh kiai kondang, yakni KH. Kholil Yasin asa Pulau Madura.

Kepala Desa Seneng Subaidi menjelaskan, sebelum pengajian ini, pihaknya terlebih dulu melaksanakan kegiatan-kegiatan lomba yang dikuti oleh masyarakat. Seperti halnya lomba tarik tambang, panjat pinang dan lomba lainnya.

Setelah perlombaan itu, barulah kemudian dilaksanakan kegiatan selamatan dengan diawali gambus, hingga ditutup dengan acara pengajian dan doa bersama.

"Kami juga laksanakan istighosah, untuk pengajiannya kami undang KH. Kholil Yasin asal Madura, serta majlis Al Muhibban," terangnya.

Kegiatan demi kegiatan yang dilaksanakan itu selain untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Republik Indonesia (RI) juga untuk mendoakan para sesepuh dan leluhur desa. 
 
"Ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan acaranya selau berubah, harapannya lebih maju, masyarakat sejahtera," katanya.

Sementara itu, KH. Kholil Yasin, yang menjadi penceramah agama saat itu mengaku bersyukur dengan kegiatan positif yang dilaksanakan desa. Kekompakan dan antusias masyarakat membuat acara semakin meriah.

Menurutnya, kegiatan semacam itu, selain mempererat tali silaturahmi, juga menjadi penyemangat agar masyarakat tetap istiqomah. 

"Semoga membawa berkah, kita jaga hubungan dengan Allah dan Makhluk-Nya," ucapnya.

Ia juga berharap pemerintah desa tambah maju dan sukses dalam menjalankan roda pemerintahan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut