get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Jalan Menuju Akses Pertanian Diperbaiki, Petani di Probolinggo Sumringah

Wujud Kepedulian Pada Perempuan dan Anak, Desa Alasnyiur Probolinggo Bentuk Relawan SAPA

Senin, 02 September 2024 | 08:22 WIB
header img
Kegiatan penyuluhan saat berlangsung (foto : iNewsProbolinggo.id/Raphel)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Demi terwujudnya desa ramah perempuan, anak dan kaum disabilitas, pemerintah Desa Alasnyiur, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, gelar sosialisasi pelayihan Relawan SAPA, atau Sahabat Perempuan dan Anak, pada minggu (1/9/2024).

Kepala Desa Alasnyiur, Hasan Basri menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk melatih Relawan SAPA, dalam menjalankan tugasnya, yakni peduli terhadap perlindungan dan keselamatan kaum perempuan, anak - anak, dan penyandang disabilitas.

"Alhamdulillah kegiatan ini terlaksanan dengan antusias peserta cukup baik, dari penduduk setempat, kami berharap dengan digelarnya sosialisasi ini Desa Alasnyiur suasananya bisa lebih kondusif," terangnya.

Dalam pembentukan Relawan SAPA ini sendiri juga melibatkan Dinas P2KB, Bagian Perlindungan Perempuan Dan Anak, serta PAC muslimat NU Kabupaten Probolinggo.

"Dan segenap lapisan Pemerintah Desa Alasnyiur, juga turut serta dalam pwmbentukan Relawan SAPA itu sendiri," imbuhnya.

Dilain sisi Camat Besuk, Abdul Bahri mengatakan, dari luasnya wilayah Kabupaten Probolinggo, hanya ada dua desa yang ditunjuk sebagai desa ramah perempuan dan anak.

"Kalai di Kecamatan Besuk sendiri, ya di Desa Alasnyiur ini satu satunya, dan satunya lagi, ada di Desa Krejengan, Kecamatan Krejengan sana," tuturnya.

Dengan adanya program tersebut, Bahri berharap kepedulian dan perlindungan terhadap perempuan dan anak di Desa Alasnyiur ini, lebih terjamin."Langsung dibawah perlindungan Relawan SAPA ini sendiri," tandasnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut