get app
inews
Aa Read Next : Mila Karmila Pelari Asal Kota Probolinggo Raih Medali Emas di PON XXI

Rayakan HUT RI, 5000 Warga Jrebeng Lor Kota Probolinggo Gelar Bing Dejeh Carnival

Minggu, 25 Agustus 2024 | 16:22 WIB
header img
Salah satu peserta yang ikut Bing Dejeh Carnival ( foto : iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) KE 79, warga Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedupok, Kota Probolinggo, menggelar acara tahunan Bing Dejeh Carnival, Minggu (25/8/2024).

Lurah Jrebeng Lor, Arik Fajeri mengatakan, giat masyarakat memperingati hari kemerdekaan itu diikuti oleh 40 kontingen dari 11 RW.

Ada berbagai macam tarian, dan pakaian adat, dikenakan oleh warga setempat. Tentu hal tersebut membuat antusias masyarakat tak kalah tinggi dengan agenda karnaval lain.

"Sebenarnya agendanya hanya sebatas jalan sehat, namun ternyata dari usulan warga setempat juga ada karnaval, jadi kita satukan saja acaranya, jadilah Jalan Sehat Berkarakter yang di beri nama Bing Dejeh Carnival ," terangnya.

Nampak kerumunan warga di sepanjang Jalan Sunan Ampel, yang antusias menonton berbagai pertunjukan tari - tarian, dan pakaian adat daerah, yang ditampilkan oleh penduduk setempat.

"Ada pakaian adat jawa, pakaian adat bali, tarian kontenporer, ogoh - ogoh, semua ditampilkan oleh warga Kelurahan Jrebeng Lor, baik dari anak - anak, remaja, maupun orang dewasa, semua antusias memeriahkan agenda ini," ungkapnya.

Hal senada juga diucapkan oleh Ide Nasution, ketua LPM Kelurahan Jrebeng Lor. Ia mengatakan Carnival Bing Dejeh merupakan salah satu acara yang masuk agenda tahunan warga kelurahan jrebeng lor yang diselenggarakan secara swadaya.

"Semoga acara seperti ini, bisa menjadi agenda tahunan di Kelurahan Jrebeng Lor, karena selain menjadi hiburan warga, kan juga bisa sebagai edukasi memperkenalkan beberapa pakaian adat, dan tarian tradisional pada anak - anak generasi muda," ucapnya.

Ia juga berharap, di tahun - tahun berikutnya, agenda serupa bisa kembali dilaksanakan.

"kalau bisa, nanti harus lebih meriah lagi, ada sekitar 5000 peserta yang hadir disini," tuturnya.

Ide juga berharap, dengan aadanya agenda ini, juga bisa mendongkrak perekonomian UMKM warga setempat. 

"Biasanya di momen seperti ini, pelaku umkm bisa memanfaatkan untuk berdagang, aneka camilan, dan minuman," tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut