get app
inews
Aa Read Next : Senam Bersama Sebelum Melayani Masyarakat Jadi Agenda Rutin Aparatur Desa Pakuniran

Desa Alasnyiur Deklarasi Stop BAB Sembarangan Setelah Sukses Buat Warga Gunakan Jamban

Rabu, 24 Juli 2024 | 18:24 WIB
header img
Dekralasi ODF oleh Desa Alasnyiur (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Desa Alasnyiur, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo menggelar deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan. Itu dilakukan setelah warganya mulai membuang air besar di jamban.

Deklarasi di gelar di Kantor Desa Alasnyiur, pada Rabu (24/7/2024). Dihadiri pula oleh perwakilan Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas Bago.

Kepala Desa Alasnyiur Hasan Basri mengatakan jika deklarasi itu tidak terlepas dari jerih payahnya pihaknya dalam memberi kesadaran masyarakat untuk terbiasa BAB di jamban. Sembari memberikan bantuan sanitasi pada setiap rumah. 

Pada awal menjabat sebelumnya sudah ada sebanyak 100 lebih bangunan sanitasi. Kemudian di periode ke dua tahun 2022-2023 sudah membangun lebih 20 bangunan. 

"Di 2024 ini kami kembali membangun  sanitasi, harapannya masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat dan tercegah dari penyakit," katanya.

Disamping itu Kepala Puskesmas Bago drg. Any menuturkan jika deklarasi bebas BAB sembarangan ini dapat membuat masyarakat sadar untuk terus berperilaku hidup bersih dan sehat dengan tidak BAB sembarangan.

"Target kami di September nanti sebanyak 8 desa di bawah naungan Puskesmas Bago sudah bisa deklarasi ODF," paparnya.

Sementara itu, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo Edi Wiyono menuturkan kriteria jamban sehat itu terdiri dari closed yang menuju septic tank, kemudian dialiri ke resapan dan dikuras dalam jangka waktu 3-5 tahun.

"Jika masyarakat sudah tidak BAB sembarangan, dengan demikian penyakit menular bisa terkurangi," ucapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut