get app
inews
Aa Read Next : TK Cahaya Hati Glagah Gelar Purna Siswa Dengan Sederhana, Ini Alasannya

PLN Nusantara Power Rehabilitasi Terumbu Karang Melalui Metode Hanging Garden Coral Bank

Rabu, 26 Juni 2024 | 20:53 WIB
header img
Proses rehabilitasi terumbu karang melalui metode Hanging Garden Coral Bank (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - PT PLN Nusantara Power melakukan Unit Pembangkit Paiton melakukan inovasi Green Jetty Hanging Garden Coral Bank. Metode tersebut digunakan untuk merehabilitasi dan merawat terumbu karang setempat.

Kegiatan yang menggandeng masyarakat sekitar itu dilakukan di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo beberapa waktu lalu.  

Senior Manager PT PLN NP UP Paiton, Dwi Juli Harsono mengatakan, jika inovasi tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya ekosistem laut. 

Hanging Garden Coral Bank sendiri merupakan teknik transplantasi terumbu karang dengan memanfaatkan struktur Jetty yang berada di bawah laut. 

"Total terdapat 500 fragment karang yang di lakukan transplant di Jetty PT PLN NP UP Paiton," katanya, Rabu (26/6/2024)

Selain fokus kegiatan operasional, lanjut Dwi, perusahaan memiliki komitmen untuk terus melakukan pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah unit pembangkitan Paiton.

"Kegiatan transplantasi terumbu karang rutin kami lakukan setiap tahun, melalui inovasi ini, kami harap nanti dapat dipanen dan ditransplantasikan ke tempat lain," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Binor Underwater Community (BUC) Iskandar menuturkan, setiap tahunnya perusahaan selalu menggandeng masyarakat sekitar. Sehingga nantinya masyarakat turut menjaga terumbu karang tersebut.

"Dengan terumbu karang yang terjaga, maka ekosistem laut juga tetap terjaga sehingga masyarakat bisa tetap mendapatkan penghidupan dari laut," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut