get app
inews
Aa Read Next : Gelar Ujian Bahasa Mandarin, SMA Nurul Jadid Diserbu Puluhan Peserta Luar Daerah

Hasil Tak Menjanjikan, Petani Kedelai Banyak Beralih Tanam Padi dan Jagung

Senin, 21 Februari 2022 | 05:41 WIB
header img
Lahan petani kedelai. Foto : istimewa

PROBOLINGGO, iNews.id - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo, tak bisa mencapai target pada tahun 2021, kini tahun 2022 hanya mendapatkan target tanaman kedelai dengan luasan lahan 39 hektare.

 Luas itu turun drastis dibanding tahun lalu. Diketahui pada tahun 2021 lalu, Provinsi Jawa Timur, mentargetkan DKPP setempat untuk tanaman kedelai seluas 1.399 hektare.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Kabupaten Probolinggo, Didik Tulus Prasetyo Menurutnya, tidak tercapainya target itu disebabkan karena banyaknya petani yang sudah beralih dari menanam kedelai menjadi menanam padi atau jagung. Petani menilai kalau keuntungan menanam padi atau jagung itu lebih menjanjikan dari pada menanam kedelai.

"Jadi tidak heran jika produksi kedelai pun turun," terangnya. Minggu (20/2/2022).

Selain itu, ada pula beberapa lahan kedelai yang terkena proyek tol, ada pula lahan yang yang sudah beralih fungsi menjadi perumahan. Untuk saat ini yang konsisten menanam kedelai yaitu di lahan yang berlokasi di Kecamatan Sumberasih, dan Kecamatan Tegalsiwalan.

Meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan rencana agar penanaman kedelai kali ini bisa maksimal. Salah satunya akan melakukan sosialisasi dan melakukan pendekatan secara emosional terhadap para petani kedelai. Selain itu juga akan memberikan bantuan bibit kedelai bagi para petani tersebut.

" Kami upayakan susun rencana strategis untuk bisa mencapai target yang sudah diberikan Provinsi Jawa timur," Pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut