get app
inews
Aa Read Next : Pria di Kota Probolinggo Dilaporkan, Nekat Palsukan Surat Waris Jual Tanah Miliaran Rupiah

Dongkrak Kunjungan Wisatawan Lomba Foto Ramadhan di Kota Probolinggo Sukses Dilaksanakan

Rabu, 24 April 2024 | 02:22 WIB
header img
Pj Walikota Probolinggo saat menyerahkan hadiah ( Foto : iNewsProbolinggo.id/ Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Pemenang lomba foto Ramadhan yang diadakan pemerintah kota (pemkot) Probolinggo resmi diumunkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memdongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Probolinggo.

Setelah melalui penilaian, dari  206 foto yang ikut lomba terpilih 6 foto pemenang utama, serta 20 foto terbaik. Hadiah langsung diserahkan kepada para pemenang oleh Pj Walikota Probolinggo Nukholis pada Senin ( 22/04/24) di Ruang Command Center.

Adapun untuk para pemenang, Juara 1 berhak mendapat hadiah uang sebesar Rp 3 juta, Juara 2 Rp 2 juta dan Juara 3 sebesar Rp 1,5 juta. Berikutnya, Juara Harapan 1 mendapat uang Rp 1 juta, Harapan 2 Rp 750 ribu dan Harapan 3 mendapat Rp 500 ribu. Sedangkan 20 foto terbaik, mendapat hadiah powerbank. 

Pj Walikota Probolinggo, Nurkholis menginfokan kepada para pemenang bahwa giat lomba foto ini merupakan inisiasi darinya. Bermula dari rasa ingin tahu mengenai momen khas Ramadan dan Lebaran di Kota Probolinggo,

"Teman-teman sekalian, pergerakan saya ini kan terbatas namun saya ingin tau bagaimana Ramadan dan Lebaran disini. Saya meminta bantuan teman-teman untuk menangkap hal itu, mengabarkan kepada kami bagaimana momen tersebut,” jelas Nurkholis.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur itu juga mengungkapkan bahwa giat serupa rencananya akan diadakan setiap ada event di Kota Probolinggo. Salah satu tujuannya mendongkrak kunjungan wisatawan. 

"Pada Awal Mei atau sekitar Akhir April, kami akan mempublikasi kalender wisata selama tahun 2024, jadi inginnya setiap ada event, diadakan lomba semacam ini. Sehingga orang-orang akan mampir dan mengetahui Kota Probolinggo,” katanya.

Harapan Nurkholis dengan adanya lomba foto ini para fotografer-fotografer Kota Probolinggo dari pemula hingga profesional pun bisa menunjukkan karyanya. 

"Lomba foto ini kita tes ombak, seberapa besar animo masyarakat. Ternyata Alhamdulillah banyak yang mengirimkan karyanya. Bagi yang hadir disini, kabarkan pada semua orang karya anda dan Insyaallah, giat seperti akan lebih sering lagi,” pungkasnya.

Sementara Kepala Diskominfo Aman Suryaman dalam laporannya memaparkan bahwa, foto-foto tersebut dinilai oleh tiga orang juri. 

Dua orang dari Diskominfo setempat dan satu orang yaitu fotografer senior Jawa Pos. Adapun kategori penilaian yaitu kesesuaian tema, teknik fotografi dan cerita di balik foto.

"Waktu penilaian dimulai tanggal 16-18 April 2024 dan ditentukan pemenangnya oleh Bapak Pj. wali kota beserta dewan juri pada tanggal 19 April 2024 di Command Center Kantor Wali Kota Probolinggo,” ucap Kadis Aman.

Sementara itu, Andy Kurniawan yang berhasil meraih Juara 1 dalam lomba ini mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Probolinggo yang telah mengadakan event ini.

"Awalnya gak nyangka bisa dapet juara 1, karena saya liat di medsos antusias para peserta sangat luar biasa dan hasil foto mereka bagus semua dari segi komposisi, momen, dan lain-lainnya,” ucapnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut