get app
inews
Aa Read Next : Pria di Kota Probolinggo Dilaporkan, Nekat Palsukan Surat Waris Jual Tanah Miliaran Rupiah

Gawat, RSUD Ar Rozy Kota Probolinggo Ternyata Tak Punya Genset

Selasa, 12 Maret 2024 | 13:00 WIB
header img
Rumah sakit Ar Rozy kota Probolinggo ( foto: iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - RSUD Ar Rozy  di Jalan Prof Hamka kota Probolinggo, sudah mulai beroperasi usai diresmikan pada Sabtu (23/12/2023) lalu.

Disisi lain beberapa keluarga  pasien RSUD Ar Rozy yang enggan disebut namanya, mengeluhkan lampu rumah sakit beberapa kali padam.

"Masalah pelayanan dan tempat sudah cukup baik, namun sangat disayangkan, rumah sakit semegah ini masih sering padam listriknya, seharusnya sudah siap Genset," ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh beberapa masyarakat sekitar rumah sakit, yang beberapa kali terlihat padam.

Menanggapi hal tersebut Ketua DPC Projo kota probolinggo Novan Priyanto bersama tim, kemudian mengkofirmasi langsung ke Direktur Rumah sakit Ar Rozi, dr. Abraar HS Kuddah, menurut novan, listrik menjadi pondasi utama dalam mekanisme pengoperasian rumah sakit.

"Kalau lagi melakukan operasi kan nggak mungkin mati lampu. Kedua, masalah penyimpanan obat-obatnya, harus dalam keadaan dingin," ujarnya, Selasa (12/03/24).

Menurut informasi Rumah sakit Ar Rozy melakukan kegiatan akreditasi sesuai Kepmenkes RI no 1128 tahun 2022 diantaranya, Pemenuhan kelengkapan dokumen pelayanan dan perizinan, peningkatan kompetensi staf melalui pelatihan, dan kesiapan fasilitas pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Novan juga menegaskan, penyediaan Genzet merupakan salah satu bagian syarat akreditasi.
 
"Pentingnya Genset dalam Operasional Rumah sakit untuk  Menjaga Kontinuitas Pelayanan Kesehatan Rumah sakit dalam hal ini, ketersediaan listrik yang stabil dan tak terputus sangatlah penting," jelasnya.

Direktur RSUD Ar Rozy dr Abraar saat ditemui mengaku, untuk ketersediaan Genset  masih belum ada.

"Untuk Genset kita belum ada, tapi dari awal sudah ada rencana untuk menyiapkan, karena kita sudah menjadi pelanggan Premiun paling nggak, kita diprioritaskan.

Namun nyatanya masih padam. Kemarin konfirmasi ke PLN, penyebab lampu padam karena ada perbaikan terkait daya listrik," ungkapnya.

Untuk Genset itu, pihaknya memang sudah bahas dari awal, di karenakan ini pakai anggaran daerah, ia mesti hati-hati tidak asal beli saja, untuk saat ini pihaknya sudah menjadi pelanggan Premium PLN.

"Intinya kita konsultasi dulu ke Aparat penegak hukum terutama kejaksaan terkait masalah anggaran Genset ini," tandasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut