get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Sunset di Pantai Probolinggo Cuma Rp 5 Ribu Rupiah Bonus Es Teh

Cegah Abrasi Pantai, Kader Adiwiyata MAN 1 Probolinggo Tanam Puluhan Cemara Laut di Greenthing Beach

Minggu, 18 Februari 2024 | 12:11 WIB
header img
Simbolis aksi penanaman cemara laut oleh kepala madrasah dan pokdarwis (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sejumlah siswa dan siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Probolinggo yang tergabung dalam kader adiwiyata melakukan penanaman puluhan bibit cemara laut di wisata Greenthing Beach, Minggu (18/2/2024) pagi.

Aksi penanaman dalam rangka pengukuhan kader adiwiyata MAN 1 Probolinggo (MANSAPRO) tingkat nasional dan hari basah sedunia itu juga bertujuan untuk mencegah abrasi pantai setempat.

Kepala MAN 1 Probolinggo Muhammad As'adi mengatakan, pemilihan lokasi di Greenthing Beach ini sesuai dengan hasil penelitiannya selama ini. Dimana pantai yang baru saja diresmikan sebagai tempat wisata itu merupakan tempat yang rawan abrasi dan pengikisan air laut.

"Iokasinya juga dekat dengan madrasah, sehingga kita mudah untuk memantaunya," terangnya.

As'adi menambahkan, jika penanaman ini selaras dengan salah satu progam kader adiwiyata MANSAPRO, yakni progam peduli lingkungan. Maka dari itu, pihaknya segera bekerjasama dengan BUMDesa dan Pokdarwis Desa Randutatah untuk melakukan penanaman tersebut.

"Upaya ini sebagai partisipasi kita terhadap masyarakat di bidang lingkungan. Semoga ini menjadi amal jariyah," katanya.

Sementara itu, Pembina Pokdarwis Desa Randutatah Abdul Azis mengapresiasi aksi penanaman tersebut. Menurutnya dengan aksi penanaman dari sekolah adiwiyata ini turut membantu aktivis atau pegiat lingkungan untuk menghijaukan bumi.

"Sesuai harapan kami, bagaimana secepat mungkin bumi ini hijau," ucapnya.

Azis berpesan agar kegiatan tersebut tetap berlanjut, hanya saja tidak hanya menanam, namun juga merawat hingga tumbuh besar. Karena merawat itu jauh lebih berat dari pada menanam.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut