get app
inews
Aa Read Next : Pemdes Gading Wetan di Awal Tahun 2024 Genjot Pembangunan Infrastruktur Hingga Sektor Ekonomi

Pasar Desa Bimo Pakuniran Mendapat Monev Sebelum Beroperasi

Sabtu, 03 Februari 2024 | 08:22 WIB
header img
Pasar Desa Bimo Pakuniran Mendapat Monev Sebelum Beroperasi (Foto : iNewsProbolinggo.id/Doni)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Desa Bimo, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo mendapat monitoring dan evaluasi (monev) dari Kecamatan Pakuniran. Salah satunya pasar desa yang rencananya akan beroperasi pada Februari 2024 mendatang.

Kegiatan monev dilakukan oleh tim monev Kecamatan Pakuniran, yang didampingi pihak pemerintah desa setempat, pada Jum'at (2/1/2024). 

Kepala Desa Bimo Irham mengatakan, jika lokasi pasar desa ini berada di sisi sebelah barat Kantor Desa. Pembangunan pasar desa ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, termasuk dapat memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes)

"Mungkin bulan dua sudah bisa beroperasi, kalau sekarang masih proses penyediaan meja yang dianggarkan pada tahap pertama," katanya.

Selain pasar desa, ada beberapa pembangunan yang mendapat monev dari tim kecamatan. Meliputi, aula desa yang pembangunannya bisa digunakan untuk acara masyarakat, serta juga dapat disewakan kepada warga lainnya sebagai pemasukan PADes

Lalu pembangunan jalan sepanjang 320 meter, yang bertujuan untuk kelancaran transportasi masyarakat. Dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang pembangunannya bertujuan untuk memberikan tempat tinggal yang layak bagi warga tidak mampu.

"Harapannya ke depan dana desa atau pun bantuan jasmas bisa lebih banyak lagi, sehingga pembangunan terus dilakukan," ucapnya.

Sementara itu, Tim Monev Kecamatan Pakuniran Rifqi Abdillah menjelaskan, jika dari sejumlah tempat yang dilakukan monev mayoritas sudah sesuai dengan perencanaan. Hanya saja ada sedikit revisi tentang pembangunan pasar desa.

"Selain cek fisik kami juga mengecek administrasi, di pasar desa ada gambar yang perlu diperbaiki, juga perlu pemasangan papan informasi dan prasasti," katanya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut