get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Pemdes Gunggungan lor Lantik Tiga Perangkat Desa

3.375 PTPS di Probolinggo Resmi Dilantik, Ini Pesan Bawaslu Kabupaten

Selasa, 23 Januari 2024 | 06:34 WIB
header img
Proses pelantikan PTPS Kecamatan Paiton (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo melantik 3.375 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Pada pelantikan kali ini Ketua Bawaslu setempat Yonki Hendriyanto berpesan agar PTPS menjaga integritas pemilu 2024.

Diketahui, pelantikan ribuan PTPS ini digelar serentak oleh masing-masing Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), pada Senin (22/1/2023) pagi.

Yonki menjelaskan, jika jumlah tersebut sudah lengkap dan sesuai dengan TPS yang ada di Kabupaten Probolinggo. Dengan begitu, pihaknya tidak perlu membuka atau memperpanjang kembali masa pendaftaran.

Ia hanya berpesan kepada para PTPS yang telah dilantik untuk menjaga, menegakkan demokrasi dan integritas dalam pemilu serentak, yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Harapannya pemilu berjalan dengan aman, damai dan kondusif khususnya Kabupaten Probolinggo," katanya.

Yonki menjelaskan, jika para PTPS yang sudah dilantik itu merupakan orang-orang pilihan. Dimana semuanya dinyatakan lolos mulai dari seleksi administrasi, masukan tokoh masyarakat, hingga tes wawancara yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Mereka akan berjaga di TPS masing-masing, artinya satu orang satu TPS," jelasnya.

Diketahui, sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo telah menerima 3.933 berkas pendaftar  Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Namun Bawaslu setempat hanya membutuhkan 3.375 PTPS, artinya 558 akan gugur.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut