get app
inews
Aa Read Next : Gandeng Diskominfo, Bea Cukai Probolinggo Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal Melalui Radio

Mappilu PWI Probolinggo Gelar Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Politik bagi Millenial dan Gen Z

Minggu, 24 Desember 2023 | 20:25 WIB
header img
Ketua Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim Machmud Suhermon di acara gatthering KPU ( Foto : iNewsProbolinggo.id/ Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo - Pendidikan politik dirasa masih jauh dari kata maksimal, utamanya saat menjelang pemilu seperti saat ini. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim Machmud Suhermon.

Kurangnya peran parpol dalam memberikan pendidikan politik, selain menjelang pemilu,menjadi hal yang perlu diperhatikan sekaligus memperihatinkan.

Machmud menekankan pentingnya masyarakat memahami politik untuk mendukung pemilu yang bersih dan bermartabat.

"Untuk itu, media diharap turut serta dalam memberikan edukasi politik. Pendidikan politik di Indonesia tidak boleh hanya mengandalkan partai politik menjelang pemilihan umum," ujar Machmud saat sosialisasi pemilu yang digelar KPU Kota Probolinggo, Sabtu malam, (23/12/2023). 

Machmud memandang wartawan sebagai agen penting dalam memberikan pendidikan politik serta menekankan bahwa pers memiliki fungsi edukasi sesuai dengan Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999.

"Generasi Z lebih banyak mendapatkan informasi dari media sosial, sehingga media harus mencari cara untuk tetap relevan," tuturnya.

Machmud juga menyoroti perlunya independensi media khususnya dalam menghadapi campur tangan pemilik media yang memiliki keterkaitan dengan parpol tertentu.

Sementar itu, Komisioner KPU Kota Probolinggo Radfan Faisal memaparkan jadwal dan tahapan pemilu. Ia turut menyampaikan keprihatinannya terkait penempelan Alat Peraga Kampanye (APK) di pohon-pohon serta kampanye yang melibatkan anak-anak.

"Pada Intinya, menjaga etika kampanye, termasuk menjauhkan APK dari tempat ibadah, fasilitas pendidikan, dan kesehatan perlu diperhatikan" tutupnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut