get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Tanamkan Komitmen Bersama, Pemkab Probolinggo Gelar Kegiatan Hari Anti Korupsi Sedunia

Rabu, 13 Desember 2023 | 19:56 WIB
header img
Foto bersama pelaksanaan HARKODIA (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan Hari Anti Kosupsi Sedunia (HAKORDIA) 2023. Kegiatan  yang digelar Rabu (13/12/2023) pagi itu, bertujuan untuk menanamkan komitmen pada setiap penyelenggara negara.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Madakaripura, lantai V, Kantor Bupati Probolinggo itu diikuti oleh perwakilan seluruh Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Probolinggo, beserta seluruh Organisai Perangkat Daerah (OPD), camat dan sejumlah kepala desa.

Pada kesempatan itu pula, terdapat penghargaan kepada lima OPD terbaik dalam internalisasi anti korupsi. Kelima OPD yang dimaksud, meliputi Badan Pengelola Keuangan dan Aset, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kemudian, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB). Lalu Dinas Perikanan, serta Kecamatan Sukapura.

Dilanjut dengan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemkab Probolinggo, Polres dan Kejaksaan Negeri (Kejari), tentang koordinasi pengawasan internal pemerintah dan aparat penegak hukum dalam penanganan laporan atau pengaduan penyelenggara pemda.

Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan, peringatan HARKODIA itu merupakan bentuk dan penanaman komitmen pada masing-masing penyelenggara, agar tidak sesekali melakukan korupsi.

Dengan komitmen tersebut, korupsi bisa hilang dari dunia. Bahkan akan hilang dengan sendirinya tanpa ada pengawasan, pemantauan dan lain-lain.

Meski dilakukan pengawasan tapi tanpa komitmen tetap saja akan melakukan korupsi," terangnya.

Heri berharap dengan adanya komitmen dan hilangnya korupsi di muka bumi ini, akan mampu mensejahterakan masyarakat.  

"Hari ini kita mulai, mudah-mudahan tanpa korupsi masyarakat semakin sejahtera," katanya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut