get app
inews
Aa Read Next : Pulang Dari Bali, Remaja Pasuruan Ditemukan Tewas di SPBU Probolinggo

7 Fakta Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan saat Latihan, 1 Pilot Dikabarkan Tewas Ini 4 Identitas Awak

Kamis, 16 November 2023 | 14:23 WIB
header img
7 fakta pesawat TNI AU jatuh di Pasuruan saat latihan. Foto: Kolase

PASURUAN, iNewsProolinggo.id - Dua pesawat TNI AU jatuh saat latihan di area Pegunungan Tengger, Desa Kedawung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Kamis (16/11/2023). Disebutkan, ada jenazah yang ditemukan di bawah puing-puing pesawat yang hancur terbakar. Jenazah itu dikabarkan merupakan seorang pilot.

Dalam video yang beredar, terlihat pesawat tempur itu terbakar dengan api yang membumbung tinggi. Terdengar juga warga berteriak sambil mendatangi lokasi jatuhnya pesawat. “Pesawat jatuh.. pesawat jatuh. Lokasi Watugedek,” teriak seorang dalam video tersebut. 

Lokasi jatuhnya pesawat TNI AU ini berada di Pegunungan Tengger Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Pasuruan. Lokasi tepat musibah ini bahakn disebut berada di lereng Gunung Bromo.

Berikut beberapa fakta yang dirangkum soal kecelakaan pesawat TI AU jatuh di Pasuruan.

7 Fakta Pesawat TNI AU Jatuh di Pasuruan saat Latihan

1. Kronologi pesawat TNI AU jatuh

Dua pesawat TNI AU yang jatuh itu bernomor TT-3111 dan pesawat TT-3103 buatan Brasil.

Kronologi 2 pesawat TNI AU jatuh itu bermula saat empat pesawat TNI AU melaksanakan station latihan pada pukul 10.15 WIB. Pesawat melaksanakan start engine 4 A/C pukul 10.39 WIB, lalu take off dari Lanud Abdulrachman Saleh pada pukul 10.50 WIB, kemudian lanjut dengan join dan membentuk box formation, continue routing melalui area Alpha, Bravo, Charlie, Delta.

Namun pada pukul 11.18 WIB, dua pesawat Tuscano bernomor TT-3111 dan TT-3103 dinyatakan lost contact. Hingga kemudian, kedua pesawat TNI AU Lanud Abdul Rachman Saleh Malang itu diperkirakan jatuh di wilayah Pasuruan, sekitar pukul 12.00 WIB.

2. Ada 2 Pesawat TNI AU yang Jatuh

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo membenarkan kabar jatuhnya dua pesawat tempur jenis Super Tucano milik TNI AU di kawasan Pausruan. "Betul (ada dua pesawat jatuh)," ujar Fadjar kepada wartawan, Kamis (16/11/2023). 

Kapendam Brawijaya Kolonel Inf Rendra Dwi Ardhani juga mengungkapkan hal serupa.  "Iya benar (ada pesawat jatuh) jenisnya pesawat tempur Tucano," kata Rendra kepada wartawan, Kamis (16/11/2023). 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut