get app
inews
Aa Read Next : Isi Kekosongan Untuk Pelayanan, Pemdes Kedungsumur Lantik Dua Kasun

Kuliner Legendaris di Probolinggo

Sabtu, 23 September 2023 | 09:11 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Bagi anda yang mencari kuliner legendaris di Probolinggo, kini tak perlu bingung lagi. Pasalnya, ada 3 rekomendasi yang bisa kalian icipi rasanya.

Namun, di samping hal itu ternyata Probolinggo memiliki aneka makanan khas dan wisata kuliner bikin ketagihan, apalagi soal rasanya yang enak dan lezat.

Bagaimana tidak, dengan bumbu dan juga rempah yang khas tentu sangat memanjakan lidah kita. Saat berkunjung ke Probolinggo agaknya sangat menyesal kalau tidak mencicipi terlebih dulu kuliner legendaris disana.

Sebenarnya ada makanan apa saja sih? Nah, inilah makanan khas Probolinggo yang lezat dan mantab serta wajib dicicipi bagi orang pendatang maupun wisatawan, berikut kuliner legendaris di Probolinggo dilansir dari berbagai sumber:

1. Soto Ayam Kraksaan Pak Koya

Soto Ayam kraksaan merupakan salah satu makanan khas di daerah Probolinggo. Pasalnya, kuahnya yang terbuat santan dan ayam jantan.

Salah satu soto kondang di Probolinggo adalah di Kedai Pak Koya. Nah, soto Ayam Karaksan Pak Koya ini merupakan soto legendaris sejak tahun 1950-an.

Sepintas kalau dilihat memang seperti soto pada umumnya, ada irisan daging ayam, ada nasi ataupun lontong, ada telur. Namun yang membedakannya dan semakin nikmat adalah tambahan koya dan serutan kelapa yang digorang, sehingga rasanya gurih dan enak.

Lokasi soto kraksaan ini berada di Jalan Mayjend Sutoyo No.10, Patokan, Kec. Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur. Buka jam 06.00-21.00 WIB dengan harga seporsi 15.000-25.000

2. Bakso Pak Edy

Nah, siapa sih kalau berwisata atau berpegian tak suka dengan kuliner olahan daging giling seperti, bakso.

Eits, bakso Pak Edy inilah salah satu kuliner teramai di Probolinggo. Pasalnya, kedai bakso tersebut telah berdiri sejak 1997, bahkan para artis juga pernah berkunjung lho.

Seporsi Bakso Pak Eddy ini berisi beragam menu di dalamnya tentunya menggiurkan lidah bolo. Ada menu bakso urat berbentuk segitiga, ati, telur serta tahu isi dan bakwan goreng.

Aneka menu tersebut makin nimmat dengan siraman kuah bening beraroma semerbak. Apalagi, ditambah daun seledri dan sambal khas racikan pak Eddy.

Warung Pak Eddy berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta No.158A, Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Buka jam 09.00-21.00 WIB dengan harga seporsi bakso sekitar Rp15.000

3. Nasi Campur Nyak Nyong

Selanjutnya, kuliner legendaris di Probolinggo yang paling menarik dan menggugah selera beda dengan nasi campur pada umumnya yaitu Nasi Campur Nyak Nyong. Nah, kuliner satu ini sudah terbilang kondang karena cita rasa yang lezat.

Bahkan, banyak sekali pengunjung atau pendatang kota lain mampir sebab merindukan rasa dari makanan ini.

Menariknya, seporsi nasi campur ini anda akan menemukan sejumput serundeng, empal kuah, mie, dendeng, dan siraman kuah santan yang sangat kental serta sedikit sambal di sisi piring. Tentu saja sangat menggiurkan dan menggugah selera.

Nasi Campur Nyak Nyong ini berolokasi di daerah Mangunharjo, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Buka setiap hari jam 06.00-13.00 WIB dengan harga Rp12.000

Itu tadi Kuliner Legendaris khas Probolinggo yang menggiurkan dan lezat. Maka dari itu, jika anda berpegian di Probolinggo jangan lupa mampir untuk sekedar mencicipi agar tidak menyesal dilain waktu.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut