get app
inews
Aa Read Next : Dinsos Kabupaten Probolinggo, Bakal Dampingi Gadis Berkebutuhan Khusus Untuk Tes Kejiwaan

Polisi Tetapkan Manajer WO sebagai Tersangka Kebakaran Bukit Teletubbies Gunung Bromo

Kamis, 07 September 2023 | 20:29 WIB
header img
Konferensi pers kasus kebakaran bukit teletubbies (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id -  Polres Probolinggo telah menetapkan seorang tersangka kasus kebakaran Padang Savana, Bukit Teletubbies di Gunung Bromo. Yang bersangkutan adalah manajer Wedding Organizer (WO), dari wisatawan yang melaksanakan foto prewedding.

Bersangkutan berinisial AWEW, (41) warga Kelurahan Tompokersan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang. Ia ditetapkan tersangka, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi atas kasus tersebut.

Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana mengatakan, dari hasil pemeriksaan terhadap para saksi yang terlibat. Ditemukan fakta, bersangkutan saat memasuki kawasan wisata Gunung Bromo tidak memiliki izin memasuki kawasan konservasi.

"Izin ini tidak dimiliki oleh tersangka, sehingga ini menjadi bukti kami untuk menetapkan tersangka," katanya, saat konferensi pers kasus tersebut, Kamis (7/9/2023).

AKBP Wisnu menjelaskan, kalau ada enam orang saksi yang diperiksa oleh pihak kepolisian. Satu di antaranya yang ditetapkan tersangka, sementara lima orang lainnya masih berstatus sebagai saksi.

Dari kasus tersebut, pihak kepolisian juga mengamankan barang bukti berupa lima batang flare, korek api, kamera yang digunakan foto prewed, dan jas yang digunakan untuk foto prewed. 

"Saat ini kami masih mendalami terkait peranan maupun alat bukti lain, untuk menentukan status dari kelima orang tersebut," jelasnya.

Atas peristiwa tersebut, tersangka AWEW dikenakan Pasal 50 ayat 3 huruf D Junto pasal 78 ayat 4 UU nomor 41 tahun 1999, Tentang Kehutanan. 

"Dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun kurungan penjara, dan denda paling banyak Rp 1,5 miliar,"  ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Padang Savana di bukit Teletubies Gunung Bromo terbakar. Diduga kebakaran disebabkan oleh ulah sekelompok wisatawan, yang melakukan foto prewedding.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut