get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

3 Menit Pengguna Jalan di Kota Probolinggo Diberhentikan, untuk Hormat Bendera Merah Putih

Kamis, 17 Agustus 2023 | 21:02 WIB
header img
Parade bendera putih saat detik-detik proklamasi ( Foto: Inews Probolinggo.id /Ide Nasution)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Suasana khidmat terlihat saat seluruh pengguna jalan dari tiga penjuru di jalan Pertigaan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, memberikan penghormatan kepada bendera merah putih, saat peringatan detik-detik proklamasi HUT ke-78 RI.

Selama kurang 3 menit, para pengendara dan seluruh forkopimda memberikan penghormatannya di momen pembacaan teks proklamasi kemerdekaan. Sebelum pelaksanaan dimulai, anggota Satlantas Polres Probolinggo Kota bersiap mengatur lalulintas, pada Kamis (17/08/2023).

Tepat dipukul 10.17 WIB, anggota Satlantas Polres Probolinggo Kota membunyikan sirene sebagai tanda dimulainya penghormatan kepada bendera merah putih, yang dipimpin langsung Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sabani. Diikuti parade bendera merah putih, yang dibawa oleh petugas Polres Probolinggo Kota dan Kodim 0820Probolinggo.

" Lokasi yang strategis, meliputi tiga arah yaitu selatan, barat dan timur menjadi salah satu kenapa lokasi ini kita pilih, sekaligus kita mengajak para pengendara dan masyarakat memperingati detik-detik proklamasi di HUT ke-78 RI ini," terang Kapolres Probolinggo Kota.

Sementara Sulistio, salah satu pengendara mengapresiasi acara yang digelar. Ia mengaku terharu, saat momen parade bendera dan pembacaan teks proklamasi.

"Luar biasa acara peringatan hari HUT ke-78 RI ini, kebetulan saya hendak pulang kampung ke Kediri, saat tiba di lampu merah arah ke barat, saya diberhentikan. Awalnya bingung, ternyata ada peringatan detik-detik proklamasi. Sangat terharu saya, jadi ingat perjuangan para pahlawan," jelasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut