get app
inews
Aa Read Next : Negara Penghasil Teknologi Senjata Canggih

5 Negara Penghasil Litihum Terbesar di Dunia

Selasa, 15 Agustus 2023 | 18:46 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Tahukah kamu, Lithium menjadi salah satu logam yang banyak dibutuhkan terutama di bidang industri. Salah satu manfaat lithium adalah sebagai bahan baterai yang kemudian digunakan pada perangkat elektronik.

Penghasil Lithium Terbesar
Setidaknya ada lima negara. Lithium Brazil
Negara Brazil juga menjadi salah satu negara penghasil lithium terbesar di dunia. Bahkan angka produksi di tahun 2022 naik pesat dibanding tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya, negara ini memproduksi lithium sebesar 1.700 metrik ton. Sedangkan di tahun 2022, lithium di Brazil mencapai 2.200 metrik ton litium.

Itulah informasi tentang negara penghasil lithium terbesar. Lithium tersebut kemudian dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Berikut kelima negara penghasil lithium terbesar di dunia

1 . Australia

Negara Australia yang dijuluki sebagai Negeri Kangguru ternyata menjadi penghasil lithium terbesar di dunia.

Di tahun 2022, negara tersebut sukses menghasilkan 61.000 metrik ton lithium. Angka tersebut naik karena sebelumnya Australia hanya mendapatkan lithium sebesar 55.300 metrik ton. Diperkirakan jumlah lithium yang bisa dihasilkan negara tersebut akan mengalami peningkatan hingga 14,2 persen di tahun 2026. Diperkirakan Australia punya cadangan lithium mencapai 3,8 juta metrik ton.

2. Chili

Selain Australia, Chili juga disebut sebagai negara penghasil lithium terbesar di dunia. Pada tahun 2022, jumlah produksi lithium di Chili mencapai 28.300 metrik ton. Negara tersebut juga menyumbang 39.000 metrik ton lithium yang ditemukan pada endapat air garam litium yang ada di Dataran garam Salar de Atacama, daratan yang berada di perbatasan Chili dengan Argentina dan Bolivia.

3. China

China tidak hanya jadi salah satu negara yang berhasil menghasilkan kendaraan listrik, namun juga menjadi negara penghasil lithium yang cukup besar. Di tahun 2022, jumlah lithium yang dipasok negara tersebut mencapai 19.000 metrik ton. Angka tersebut naik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 14.000 metrik ton.  Hebatnya lagi, China juga jadi negara yang menguasai 80 persen penyulingan bahan mentah litium di dunia.

4. Argentina

Argentina merupakan negara yang berbatasan dengan Chili. Seperti Chili, Argentina juga jadi negara penghasil lithium dalam jumlah besar. Bahkan 9 persen cadangan lithium dunia ternyata ada di Argentina.

Pada tahun 2021, negara Argentina berhasil memproduksi lithium sebesar 230 metrik ton. Sedangkan di tahun 2022 negara tersebut menghasilkan 6.200 metrik ton. Angka tersebut naik signifikan. Argentina punya dua titik proyek ekspor lithium yaitu dataran garam Salar del Hombre Muerto dan Sales de Jujuy. Keduanya punya kapasitas produksi lithium yang besar, masing-masing sebesar 20.000 ton dan 17.500 ton litium per tahun.

5. Brazil

Negara Brazil juga menjadi salah satu negara penghasil lithium terbesar di dunia. Bahkan angka produksi di tahun 2022 naik pesat dibanding tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya, negara ini memproduksi lithium sebesar 1.700 metrik ton. Sedangkan di tahun 2022, lithium di Brazil mencapai 2.200 metrik ton litium.

Itulah informasi tentang negara penghasil lithium terbesar di dunia.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut