get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Viral Video Pembongkaran Makam Habib Palsu di Probolinggo

Selasa, 15 Agustus 2023 | 17:54 WIB
header img
Tangkapan layar video pembongkaran makam (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Video tentang pembongkaran makam Habib Palsu di Kabupaten Probolinggo, viral di jejaring media sosial Tiktok dan Youtube dalam beberapa hari terakhir.

Informasi dihimpun iNewsProbolinggo.id, rekaman gambar dalam video itu, disebut-sebut terjadi di Desa Gerongan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.

Makam tersebut dibongkar warga, karena dianggap menyesatkan masyarakat. Di mana dilokasi tersebut, terdapat belasan makam yang diklaim merupakan petilasan sejumlah habib dan ulama terdahulu.

Areal makam itu, berlokasi di Dusun Sukun, Rt 03, Rw 01, Desa Gerongan. Sebelumnya, dilokasi tersebut memang merupakan tempat yang dikeramatkan oleh warga, dengan sebutan Keramat Genteng.

Hanya saja, tidak ada satu jejak satu makam pun dilokasi. Namun belakangan ini, muncul batu nisan yang dibungkus kain menyerupai area makam. Batu tersebut, diletakan oleh masyarakat sekitar melalui petunjuk warga luar.

Selain batu, papan nama juga dipasang di area makam. Sontak saja hal itu membuat sejumlah masyarakat heboh, hingga akhirnya dilakukan pembongkaran sesuai petunjuk tokoh masyarakat dan Pemdes setempat.

Sekretaris MUI Kabupaten Probolinggo, Yasin membenarkan adanya peristiwa tersebut. Ia menjelaskan, kalau pembongkaran makam sudah dilakukan pada 8 Juli 2023 lalu. Itu dilakukan, berdasarkan hasil musyawarah dan surat perintah pembongkaran dari kepala desa.

"Dulu saya dapat informasi perihal makam itu, dan ternyata sudah diselesaikan oleh pihak desa dan MUI Kecamatan Maron," terangnya, Selasa (15/8/2023)

Karena selesai di tingkat desa, maka gejolak tersebut tidak perlu dilakukan pembahasan di Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan (Bakorpakem) Kabupaten Probolinggo.

"Dari hasil musyawarahnya, tidak ditemukan bukti sejarah tentang makam tersebut," jelasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut