get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Jelang HUT ke-78 RI, Pedagang Bendera Merah Putih Padati Tepian Jalan Kota Probolinggo

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 14:16 WIB
header img
Salah satu lapak penjual bendera dari Bandung di Kota probolinggo ( Foto: InewsProbolinggo.id /Ide Nasution)

PROBOLINGGO, InewsProbolinggo.id - Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78, Republik Indonesia (RI), pedagang musiman bendera merah putih mulai memadati pinggiran jalan Kota Probolinggo.

Salah satu Yanti (30) pedagang bendera merah putih, yang mengaku warga Bandung sengaja datang ke Kota Probolinggo, hanya untuk mengais rezeki di momen bulan kemerdekaan RI. 

" Kita jualan mulai tanggal 28 bulan kemarin, untuk hasil penjualan, alhamdulillah tembus satu juta per harinya itu kalau keadaan rame. Karena nggak tentu juga, untuk harga bendera variatif mulai dari harga Rp 45 ribu hingga Rp 300 ribu," terang Yanti, Sabtu (05/08/2023).

Sekadar informasi, Yanti berjualan bendera merah putih di Jalan Cokro, Kecamatan Kanigaran. Ia setiap harinya menjual bendera, mulai pagi hingga malam hari.

Hal berbeda dirasakan Kadir ( 50) seorang pedagang bendera, yang berjualan di daerah tengah Kota Probolinggo. Ia mengaku, penjualan bendera jelang hari kemerdekaan malah mengalami penurunan 

"Udah hampir seminggu kita mulai jualan, pendapatan tiap harinya mengalami penurunan dibanding tahun kemarin. Kalau di sini, harga Rp 50 ribuan yang laris dibeli masyarakat. Untuk kualitas kain sama, dengan pedagang lainnya," ujar Hartono.

Kadir mengaku penurunan penjualan diakibatkan banyaknya penjual bendera yang ada, utamanya mereka yang datang dari luar kota.

"Kita satu group ada tujuh orang mas, barang dari satu tempat. Sedangkan pedagang dari luar kota nggak kalah banyak, kurang lebih belasan orang yang tersebar," tandasnya.

Pedagang bendera tersebut biasanya membuka lapak di lokasi strategis tepatnya di trotoar yang gampang dilihat, mereka hanya berjualan saat jelang hari kemerdekaan saja.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut