get app
inews
Aa Read Next : Jelang Idul Fitri, warga Kedungasem Kota Probolinggo Terima Puluhan Ton Beras

Berikut 5 Negara yang Jadi Lumbung Padi di Asia Tenggara, Salah Satunya Indonesia

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 11:12 WIB
header img
Sumber bobo.grid.id dan ilmugeografi

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Tahukah kamu, hampir sebagian besar masyarakat Asia membutuhkan beras sebagai makanan pokok. Oleh karena itu kebutuhan terhadap beras tidaklah sedikit bagi masyarakat di berbagai negara Asia.

Tentunya hal itu membuat banyak negara di Asia Tenggara turut berlomba-lomba menjadi produsen padi terbesar. Sehingga usaha menjadi produsen terbesar pun didapat oleh negara-negara di Asia Tenggara, dan Indonesia adalah salah satunya.

Sedangkan produsen padi terbesar atau disebut lumbung padi ini banyak terdapat di Asia Tenggara, karena hampir semua daratannya bisa ditanami oleh padi. Tentu hal itu juga yang menunjukan kehebatan sumber daya alam yang ada di Asia Tenggara.

Menariknya, dari semua negara di Asia Tenggara tentu tidak semuanya menjadi produsen padi terbesar.

Tercatat ada lima negara yang menjadi produsen padi terbesar di kawasan Asia Tenggara yang membantu memenuhi kebutuhan beras di berbagai negara lain, seperti ;

1. Vietnam

Negara pertama yang menjadi lumbung padi terbesar di Asia Tenggara adalah Vietnam. Predikat ini sudah dipegang Vietnam sejak beberapa dekade terakhir.

Vietnam juga diketahui menjadi negara pengekspor atau eksportir beras terbesar diurutan kedua di dunia. Negara ini juga menjadi negara produsen beras di kawasan Asia Tenggara.

Nah, untuk menjadi pengekspor beras terbesar dan dijuluki lumbung padi Asia Tenggara, ada beberapa hal yang diperhatikan Vietnam, yaitu petani, pelaku usaha, pemerintah, universitas, dan peneliti.

Hal itulah yang membawa Vietnam yang dulunya harus membeli beras dari negara tetangga, kini bisa memproduksi banyak berasnya sendiri.

2. Thailand

Selanjutnya ada negara Thailand yang juga mendapat predikat lumbung padi Asia Tenggara. Negara yang diketahui tidak pernah dijajah ini banyak mengembangkan teknologi baru termasuk dalam bidang pertanian.

Bahkan Thailand menjadikan beras sebagai komoditas penting bagi negaranya. Selain teknologi, masyarakat Thailand juga memiliki tradisi yang kuat untuk memproduksi beras. Dengan tradisi itulah, pemerintah Thailand dapat meningkatkan produksi beras.

3. Indonesia

Negara Indonesia juga termasuk dalam salah satu negara yang disebut sebagai lumbung padi Asia Tenggara, lo. Diketahui, hampir setiap lahan di Indonesia lebih banyak dimanfaatkan untuk pertanian, termasuk untuk persawahan.

Oleh karena itu, Indonesia bisa memproduksi banyak beras hingga melebihi kebutuhan konsumsi masyarakat. Dengan hasil panen yang melimpah, Indonesia bisa melakukan ekspor beras ke berbagai negara.

Bahkan Indonesia berada di urutan ketiga terbesar di dunia sebagai negara penghasil beras ya. Namun meski begitu dalam kondisi tertentu, Indonesia juga masih melakukan impor beras dari negara di Asia Tenggara untuk menjaga ketersediaan stok beras nasional.

4. Filipina

Selanjutnya, negara kepulauan lain yang juga disebut sebagai lumbung beras adalah Filipina. Negara dari Asia Tenggara ini memang tidak selalu memproduksi beras dengan jumlah yang sama dengan negara-negara sebelumnya, tapi negara ini selalu menunjukan kemajuan.

Bahkan pada tahun 2010, Filipina pernah berhasil mengekspor banyak beras di berbagai negara.  Perkembangan Filipina dalam bidang agraris khususnya bercocok tanam padi, sudah terjadi sejak tahun 1950-an.

Bahkan kini Filipina memiliki banyak varietas padi dari berbagai daerah. Uniknya, disana kita bisa menemukan padi dari berbagai jenis varietas di dunia saat berada di Filipina.


5. Myanmar

Myanmar adalah negara yang menjadi lumbung padi terbesar di Asia Tenggara. Bahkan negara ini mendapat urutan ketujuh sebagai negara produsen beras terbesar di dunia.

Dengan jumlah produksi yang melimpah dan jumlah konsumsi yang tidak banyak, sehingga ada banyak beras yang bisa dijual ke negara lain. Karena memiliki jumlah yang melimpah, harga beras di negara tersebut tergolong murah.

Bila berkunjung ke Myanmar, teman-teman akan menemukan beras seharga Rp 2.900 hingga Rp 7.000 per kilogramnya.

Lima negara tersebut juga diketahui memiliki teknologi dan teknik bercocok tanam yang membuatnya bisa mendapatkan banyak hasil panen. Itu dia  lima negara yang dijuluki sebagai lumbung padi di Asia Tenggara.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut