get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Hadiri Kegiatan Petik Laut di Probolinggo, Khofifah Ajak Masyarakat Mencintai Laut

Rabu, 02 Agustus 2023 | 14:57 WIB
header img
Gubernur Jatim Khofifah saat mengikuti larung saji ke tengah laut (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghadiri kegiatan petik laut di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (2/8/2023) pagi. Pada kesempatan itu, Khofifah mengajak masyarakat untuk mencintai laut. 

Menurutnya, dengan mencintai laut itu, secara otomatis tidak akan mencemari dan mengotori laut. Karena di laut terdapat kehidupan ikan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Dimana protein ikan ini sangat penting bagi kesehatan, utamanya dalam mencegah angka stunting bagi anak-anak dan persatuan para nelayan ini memberikan suplai yang akan menjadi potensi usaha yang strategis.

"Kalau dilihat dari peta penghasil ikan tangkap, Jawa Timur tertinggi di Indonesia. Dan probolinggo nilai tukar nelayan lebih tinggi di Jawa Timur," terangnya.

Khofifah menjelaskan, perayaan petik laut ini merupakan tradisi nenek moyang secara turun temurun. Dan setiap perkumpulan nelayan ini punya hari-hari tertentu dalam pelaksanaan petik laut.

Petik laut juga bisa jadi destinasi wisata, banyak masyarakat yang datang untuk berkunjung melihat petik laut. Dari situ, pihaknya sudah berdiskusi dengan kepala desa untuk membangun penambatan perahu.

"Supaya nanti bisa menjadi destinasi wisata, dan kami sudah membangunnya di Dungkek Madura, Mayangan Probolinggo dan di Jember," jelasnya.

Khofifah menambahkan, jika Jawa Timur ini merupakan daerah dengan garis pantai yang sangat strategis. Selain dapat membangun konektivitas antar daerah, juga dapat membangun pertumbuhan ekonomi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut