get app
inews
Aa Read Next : Tunangan 4 bulan, Awkarin dan Gangga Kusuma Diisukan Putus

Ini Lho Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin, Posisi hingga Jumlah

Jum'at, 28 Juli 2023 | 16:32 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo - Persiapan pernikahan yang paling penting dan perlu dipilih sejak jauh hari adalah cincin lamaran dan cincin pernikahan. Lazimnya, cincin untuk momen lamaran berbeda dengan model cincin untuk pernikahan. Namun, nyatanya banyak orang yang masih bingung untuk membedakan cincin lamaran dan cincin pernikahan.

Pada dasarnya, ada perbedaaan mencolok antara model cincin lamaran dan pernikahan. Di mana cincin lamaran kekinian merupakan salah satu perhiasan yang diberikan pria saat proses lamaran. Adapun cincin kawin menjadi simbol ikatan cinta yang lebih sakral. Biasanya, proses seremoni penukaran cincin nikah dilakukan setelah janji sehidup semati diikrarkan.

Ternyata Ini Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin, yang mungkin sebagian orang awam belum mengetahuinya. Maka dari itu, akan dijelaskan secara singkat melalui artikel ini.

Mengingat sebagian orang mungkin bingung membedakan antara cincin tunangan dengan cincin kawin yang mana merupakan salah satu benda wajib yang dicari pasangan pria dan wanita ketika hubungan asmara yang sudah dijalani mulai mengarah ke jenjang yang lebih serius.

Dalam sejarahnya, penyematan cincin dalam acara lamaran dan pernikahan sudah menjadi tradisi sejak zaman dahulu. Cincin lamaran sudah dikenal sejak 1477, pria pertama yang menggunakan berlian untuk model cincin lamaran adalah Archduke Maximilian dari Austria, tentara angkatan laut berpangkat tinggi dari keluarga Habsburg saat melamar wanita populer dari Burgundia, Mary.

Sementara cincin kawin sudah dikenal sejak 5000 tahun yang lalu, tepatnya di zaman Mesir Kuno. Tapi jangan salah! Ternyata cincin nikah pada era tersebut bukan cincin emas atau berlian sepeti jaman sekarang, cincin nikah di era tersebut dibuat dari akar rerumputan dan rumbai dan dibentuk melingkar untuk merepresentasikan lingkaran tanpa awal dan akhir yang bermakna keabadian tanpa batas.

Diwarta dari berbagai sumber, Kamis (27/7/2023) ternyata ini tiga perbedaan cincin tunangan dan cincin kawin, yang berhasil dikompilasi dan dijelaskan dalam artikel ini.

1. Waktu pemberian: Hal yang membedakan cincin tunangan dan cincin kawin tentu pada waktu pemberiannya. Cincin kawin diberikan ketika prosesi pernikahan, saat kedua pasangan saling mengucap janji sehidup semati atau melangsungkan akad nikah.

Sementara cincin tunangan diberikan saat pihak pria melamar pasangan wanitanya. Tapi di era moderen saat ini, ada juga wanita yang lebih dulu melamar sang pria.

2. Posisi cincin: Posisi cincin kawin dan cincin tunangan pun diletakkan di jari yang berbeda. Pada umumnya, cincin tunangan akan digunakan di jari manis tangan sebelah kiri. Sementara cincin kawin dipakai di jari manis tangan sebelah kanan.

Namun, sebagai catatan sesungguhnya tidak ada aturan pasti di mana posisi cincin tunangan dan cincin kawin bisa dipakai. Bahkan, beberapa orang tak ambil pusing soal peletakkan posisi cincin tersebut, apakah di jari tangan sebelah kanan atau kiri, karena yang terpenting adalah kesamaan komitmen dan kekuatan perasaan bersama pasangan.

3. Jumlah cincin: Cincin tunangan biasanya hanya berjumlah satu dan diberikan oleh pria kepada pasangan wanitanya saat prosesi tunangan. Sementara cincin pernikahan harus berjumlah dua karena akan digunakan oleh kedua belah pihak, yakni pasangan wanita dan pria, yang biasanya akan disematkan oleh lawan jenis satu sama lain.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut