get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

KPU Probolinggo Selesaikan Pleno PAW Anggota DPRD Fraksi PPP yang Meninggal

Jum'at, 14 Juli 2023 | 20:58 WIB
header img
Penyerahan berkas oleh Komisioner KPU kepada pihak DPRD (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo telah melakukan pleno, terhadap Pergantian Antar Waktu (PAW) Solihin, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang meninggal beberapa waktu lalu.

Diketahui, almarhum meninggal dunia pada Minggu (28/5/2023) sore, setelah sempat mendapat perawatan di RS Dr. Oen Kandang Sapi Solo. Yang bersangkutan masuk RS sejak Sabtu (27/5) dini hari, saat pulang dari kunjungan kerja di Solo.

Komisioner KPU0 Divisi Teknis Penyelenggaran Agus Hariyanto Andinata mengatakan, dari hasil pleno tersebut, Solihin bakal diganti oleh Bob Abdullah, calon anggota dewan yang sama-sama nyalon di Dapil VI pada 2019 lalu.

Dan pihaknya sudah menyerahkan hasil pleno tersebut, ke DPRD Kabupaten Probolinggo. Untuk kemudian diserahkan kepada provinsi, melalui bagian pemerintahan Pemkab.

"Setelah itu, provinsi memiliki waktu 14 hari untuk membalas. Kemudian pelantikan. Jika melihat proses, pelantikkan harusnya dilakukan bulan ini," katanya, Jum'at (14/7/2023)

Agus menjelaskan, sejatinya dibawah Solihin ada dua nama dengan perolehan suara terbanyak kedua dan ke tiga. Masing-masing adalah Abd Malik dengan perolehan 2.271 suara dan Ribut Fadillah, dengan 682 suara.

Sementara Bob Abdullah, hanya mendapat 131 suara. Namun kedua orang tersebut, telah menjadi pengurus partai lain, dan sudah diberhentikan  oleh partai. 

"Sehingga, bob Abdullah yang menjadi pengganti dari pada almarhum," jelasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut