get app
inews
Aa Read Next : 11 Kotak Amal Dibuang di Pinggir Sungai, Uangnya Dikuras

Pasangan Sejoli di Probolinggo, Terekam Kamera CCTV Mencuri Uang Kotak Amal Masjid

Kamis, 13 Juli 2023 | 18:51 WIB
header img
Tangkapan layar rekaman CCTV (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Dua orang pria dan wanita terekam kamera CCTV (Closed Circuit Television), saat melakukan aksi pencurian kotak amal di Masjid Nurul Barokah, Desa Kaliacar, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Kedua orang yang diduga sejoli itu, terekam membobol kotak amal. Dalam rekaman CCTV berdurasi 29 detik itu, memperlihatkan seorang pria dan wanita yang sedang berdiri dekat kota amal.

Keduanya terlihat mengawasi situasi, sebelum akhirnya membobol kotak amal tersebut. Uang yang ada di dalam kotak amal, langsung dikuras dan dipindahkan ke kantong kresek yang telah disediakan sebelumnya.

Kapolsek Gading, Iptu Ahmad Jamil membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengungkapkan, kalau peristiwa terjadi pada Selasa (11/07/2023) sekitar pukul 02.30 WIB. Keduanya diduga membuka kunci kotak amal, dengan menggunakan gunting besi besar.

Setelah berhasil mencuri isi kotak amal yang berada di luar, keduanya mencoba mencuri di dalam masjid. Hanya saja, aksinya diketahui oleh seseorang yang tengah sholat tahajud di dalam masjid.

"Karena ketahuan, mereka langsung melarikan diri agar tidak tertangkap oleh warga," jelasnya, Kamis (13/07/2023).

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), dan pemeriksaan saksi-saksi. Uang yang dimaling itu, senilai Rp 1 juta rupiah. Dan saat ini, pihaknya terus melakukan penyelidikan terhadap peristiwa tersebut.

"Karena nominalnya masih sekitar satu juta, itu merupakan Tipiring (Tindak Pidana Ringan : red) mas. Cuma karena mencuri di malam hari dan masuk pekarangan orang lain, itu sudah masuk Pasal 363 mas," ucapnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut