get app
inews
Aa Read Next : Putus Mata Rantai Penyebaran DBD, Pemdes Kertonegoro Lakukan Fogging

Mau Tau Golongan Darah yang Paling Disukai Nyamuk?? Simak Penjelasannya Ya !!

Kamis, 08 Juni 2023 | 18:26 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Tahukah kamu, ternyata ada golongan darah yang disukai nyamuk, lho. Inilah alasan mengapa orang-orang tertentu lebih sering dihinggapi nyamuk dibanding lainnya.

Selain golongan darah, terdapat alasan kulit kamu sering menjadi target gigitan nyamuk, misalnya karena bau dan warna.

Ternyata ini golongan darah yang paling disukai nyamuk saat menggigit mangsa seperti manusia. Hal ini memang menjadi karakteristik hewan bersayap saat mencari makanan.

Terkadang nyamuk menggigit darah manusia dikarenakan jenis makanannya yang disukainya.

Ternyata ini golongan darah yang paling disukai nyamuk dilansir dari laman Healthline, yakni golongan darah O. Sedangkan golongan darah A, B dan AB memang bukan salah satu favoritnya.

Fakta tersebut berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan. Dalam studi tahun 1974 yang melibatkan 102 peserta, peneliti menganalisis faktor-faktor tertentu yang dapat menarik perhatian nyamuk dan ternyata orang dengan golongan darah O lebih disukai oleh nyamuk.

Lalu pada penelitian tahun 2019 peneliti memberikan sampel golongan darha yang berbeda di setiap pengumpan terpisah. Hasilnya, sampel dengan golongan darah O lebih banyak disukai oleh nyamak daripada pengumpan lainnya.

Kemudian dalam studi tahun 2004 yang memeriksa preferensi nyamuk untuk golongan darah serta sekretor ditemukan hasil bahwa nyamuk lebih banyak hinggap pada orang bergolongan darah O. Namun penelitian ini hanya disignifikan secara statistik jika dibandingkan dengan golongan darah A saja.

Kemudian ketika antigen golongan darah diterapkan pada lengan peserta, nyamuk lagi-lagi akan tertarik ke orang dengan antigen H (tipe O) daripada antigen A. Sedangkan antigen A lebih menarik daripada antigen B.

Meski demikian, penlitian tersebut tidak serta merta bisa menjadi landasan kenapa Anda sering digigit nyamuk. Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kulit Anda sering digigit nyamuk, seperti warna pakaian, kehamilan, karbon dioksida, suhu tubuh, keringan, dan juga jenis kulit manusia.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gigitan nyamuk;

-Hindari pakaian berwarna gelap

-Hindari waktu aktif nyamuk yakni saat fajar dan senja

-Gunakan kelambu

-Hilangkan genangan air

-Gunakan lotion anti nyamuk atau raket anti nyamuk

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut