get app
inews
Aa Read Next : Tips Hemat Biaya Liburan di Akhir Pekan

Ini Dia 5 Tips Menabung Cerdas bagi Milenial yang Ingin ke Luar Negeri, Yuk Dicoba!

Kamis, 18 Mei 2023 | 14:56 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Cara menabung untuk traveling ke luar negeri itu mudah. Adanya konsistensi dalam menyisihkan uang secara rutin menjadi kuncinya. Nah, orang yang punya hobi traveling atau hobi jalan-jalan harus tau cara mengoptimalkan uang tabungan agar berwisata ke negeri impian.

Apalagi, kegiatan traveling mempunyai banyak manfaat baik. Selain meraih pengalaman baru, traveling bisa menyegarkan tubuh dan pikiran dari segala rutinitas sehari-hari. Namun, banyak orang beranggapan bahwa menabung untuk ke luar negeri itu sulit dan memerlukan uang banyak.

Traveling merupakan aktivitas yang banyak digandrungi orang terutama kaum milenial. Selain membuat hati senang, traveling bisa dijadikan sebagai sarana healing dari kegiatan harian yang membuat penat dan stres.

Maka tak heran jika ketika liburan tiba banyak pelancong akan berkunjung ke berbagai negara untuk jalan-jalan.

Namun, untuk traveling ke luar negeri tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga banyak orang yang harus menabung untuk akhirnya bisa berkunjung ke luar negeri dan melihat suasana baru yang berbeda dan mengasyikkan.

Berikut Okezone rangkumkan 5 tips menabung yang mudah diikuti oleh para traveler jika hendak pelesiran ke luar negeri, sebagaimana dikutip dari laman Worldpackers.

1. Konsisten dengan tujuan

Jika Anda sangat ingin traveling ke luar negeri dan ingin menabung untuk itu, maka konsisten adalah sebuah kewajiban.

Jika merasa bosan karena harus menabung maka ingatlah tujuan awal dan pikirkan hal-hal indah di negara tersebut. Dengan konsisten dan niat sepenuh hati, maka tujuan awal untuk traveling akan tercapai sesuai rencana.

2. Tentukan destinasi liburan

Melansir dari Airpaz Indonesia, lebih bagus jika Anda sejak awal sudah memiliki destinasi impian, sehingga menabung akan lebih terencana.

Karena Anda akan tahu kisaran budget yang dibutuhkan untuk mencapai destinasi impian itu. Ingat, bagaimanapun traveling itu hobi, jadi jangan sampai hobi menggangu neraca keuangan.

3. Buka rekening tabungan baru

Mungkin membuka rekening tabungan baru bisa menjadi alternatif lain jika menabung di rumah atau celengan sangat sulit dilakukan.

Depositkan uang ke bank setiap bulannya dan simpan kartu ATM Anda di tempat yang aman, atau bisa titipkan ke orangtua agar ada yang mengingatkan Anda agar tidak menggunakan uang tabungan itu.

4. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Dahulukan kebutuhan ketimbang keinginan, karena kebutuhan adalah suatu hal yang benar-benar dibutuhkan. Sedangkan keinginan hanya sebatas ingin dan belum tentu dibutuhkan.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat dan mengatur pengeluaran uang. Lebih baik dana tersebut ditabung agar tujuan untuk traveling ke luar negeri bisa terealisasikan dengan cepat.

5. Merinci tabungan

Setelah mengetahui budget dan destinasi yang dituju, selanjutnya merinci tabungan untuk mengetahui seberapa lama kita harus menabung dan berapa banyak uang yang harus ditabung setiap bulannya.

Sebagai contoh, jika Anda hendak pergi ke Singapura dan ingin menabung selama setahun, maka hitunglah segala kebutuhan selama berada di negara tersebut dan dibagi selama 12 bulan.

Misalnya dalam 5 hari di Singapura membutuhkan uang kurang lebih sebanyak Rp7 juta, maka uang yang harus ditabung setiap bulan sekitar Rp583 ribu.

Atau bisa juga merinci dan mencatat semua pengeluaran dalam sebulan, dengan begitu Anda bisa tahu seberapa banyak uang yang dikeluarkan dalam sebulan dan sisa uang itu bisa ditabung untuk kegiatan traveling Anda.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut