get app
inews
Aa Read Next : Negara Penghasil Teknologi Senjata Canggih

Inilah 5 Negara di Dunia yang Mayoritas Penduduknya Keturunan Tionghoa

Senin, 15 Mei 2023 | 16:42 WIB
header img
Sumber foto okezone

JAKARTA,iNewsprbolinggo.id - Orang Tionghoa mulai berkelana sekitar abad ke-3 dan ke-5. Dari dataran China, mereka yang mayoritas pedagang itu mengarungi lautan menuju Asia Tenggara.

Setelah di Asia Tenggara, masyarakat Tionghoa baru bermigrasi ke Amerika Serikat dan Eropa setelah abad ke-19. Mereka datang saat AS membutuhkan tenaga kerja untuk membuat rel kereta api dari pantai barat ke pantai timur.

5 negara di dunia yang mayoritas penduduknya keturunan Tionghoa terkenal sebagai etnis pekerja keras dalam membangun usaha atau bisnis.

Bahkan, tak sedikit dari mereka menempati suatu negara dan menjadi warga lokal.

Berikut 5 negara di dunia yang mayoritas penduduknya keturunan Tionghoa dilansir dari berbagai sumber:

1. China

China Daratan atau Republik Rakyat China menjadi negara dengan penduduk terbanyak di dunia dan menjadi tempat asal dari mayoritas penduduk keturunan Tionghoa. Negara ini dikenal kaya akan warisan budaya yang beragam.

Budaya Tionghoa sendiri memiliki pengaruh yang signifikan dalam seni bela diri, kedokteran tradisional Tiongkok, dan festival tradisional. Penduduk China memiliki komposisi 91.6 persen warganya adalah keturunan Tionghoa.

2. Taiwan

Secara resmi Taiwan dikenal sebagai Republik China, negara yang masih satu kawasan dengan China ini mayoritas penduduk yang memiliki akar budaya Tionghoa. Dalam sejarah, setelah Perang Saudara China, komunitas Tionghoa dari daratan China membawa warisan budaya mereka ke 3. Taiwan.

Maka tak heran jika 97 persen penduduknya keturunan Tionghoa. Meski begitu, negara ini mengembangkan identitas unik percampuran budaya Tionghoa, Austronesia, dan pengaruh Barat.

3. Singapura

Negara Asia Tenggara satu ini memiliki populasi yang signifikan dari keturunan Tionghoa, yang menjadi kelompok etnis terbesar di negara ini. Mereka tercatat telah berkontribusi dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, politik, pendidikan, dan seni.

Keberagaman budaya Tionghoa di Singapura pun tercermin dalam ragam masakan Tionghoa yang terkenal, dan peran budaya dalam memperkaya panorama seni yang ada. Tercatat komposisi penduduk keturunan Tionghoa sekitar 74.3 persen dari keseluruhan penduduk.

4. Malaysia

Negeri Jiran ini memiliki populasi keturunan Tionghoa yang sangat besar, terutama di kota Kuala Lumpur dan George Town. Komunitas Tionghoa di Malaysia telah berkontribusi dalam beragam sektor ekonomi dan membawa kekayaan budaya Tionghoa melalui festival yang ada. Negara ini memiliki sekitar 23 persen warga keturunan Tionghoa.

5. Thailand

Negara Gajah Putih ini memiliki komunitas Tionghoa yang besar, terutama di kota Bangkok dan wilayah pesisir selatan. Mereka berperan penting dalam sektor bisnis, perbankan, dan industri pariwisata di negara ini. Tercatat sekitar 10 persen warga keturunan Tionghoa.

Itulah 5 negara di dunia yang mayoritas penduduknya keturunan Tionghoa.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut