get app
inews
Aa Read Next : Hukum Zakat Fitrah untuk Bayi dalam Kandungan

Melar Setelah Lebaran ?? Yuk Diet Sehat dengan 5 Cara Ini !!

Minggu, 30 April 2023 | 08:55 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Saat berpuasa, umumnya berat badan cenderung turun karena kurangnya mengkonsumsi camilan yang mengandung banyak lemak. Namun sayangnya, terkadang, diet tersebut dirusak dengan mengonsumsi makanan berlemak yang kalap di hari Lebaran

Pastinya, hidangan beraneka ragam di atas meja sangat sulit untuk ditolak. Makanya, nggak heran kalau berat badan orang cenderung langsung melonjak setelah merayakan Lebaran.

Ya, memang Salah satu masalah yang sering dijumpai paska libur dan perayaan Lebaran adalah berat badan yang bertambah.

Kenaikan berat badan ini, apalagi kalau bukan karena dipicu pola makan yang sembarangan. Terlalu banyak mengonsumsi minuman manis, makanan berlemak, berminyak dan berkalori tinggi.

Nah, bagi yang sudah melebar setelah libur Lebaran, inilah saatnya untuk kembali mengencangkan ikat pinggang menurunkan berat badan dengan berdiet. Bagi Anda yang berencana diet usai lebaran, tapi bingung harus mulai dari mana, berikut ulasan lima tips diet yang bisa dicoba, sebagaimana dilansir dari KlikDokter dan Promkes Kementerian Kesehatan, Sabtu (29/4/2023).

1. Stop konsumsi gula dan garam berlebihan: Ini krusial, karena seperti dilansir dari KlikDokter, makanan dengan kandungan gula dan garam berlebihan bisa menghambat proses penurunan berat badan. Selain itu, bijak mengonsumsi gula juga bisa membantu mengatur gula darah dalam tubuh.

2. Ngemil sehat: Walau sedang berdiet, boleh kok tetap ngemil. Tapi tentunya yang dimakan adalah camilan sehat dan bergizi. Contohnya snacking dengan buah, yogurt rendah lemak, dan kacang-kacangan. Deretan camilan ini diketahui sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan tubuh. Baiknya, camilan tersebut dimakan sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari.

3. Harus olahraga: Tak ada alasan untuk absen berolahraga, disiplinkan diri untuk berolahraga setiap hari. Bisa lakoni latihan kardio contohnya jalan cepat, berenang, bersepeda, dan jogging selama minimal 30 menit dalam sehari dengan intensitas 3 sampai 5 kali per minggunya.

4. Cukupi cairan tubuh: Selama diet, kecukupan cairan tubuh patut diperhatikan. Jika tubuh kurang cairan, tingkat keberhasilan diet pun jadi kecil. Pastikan rajin minum air mineral agar sistem metabolisme tubuh tetap optimal. Selain itu, ini juga berguna untuk membantu agar kerja organ hati tetap baik dan senantiasa terjaga untuk mengolah kadar lemak berlebih dalam tubuh.

5. Cukup istirahat: Perhatikan waktu istirahat dan pastikan punya waktu istirahat yang cukup. Jika jam tidur kurang dari 6 jam dalam sehari, maka kebutuhan insulin yang mengontrol gula darah dalam tubuh imbasnya bisa terganggu loh! Alhasil, tubuh akan melepaskan hormon yang menjadi faktor utama bertambahnya berat badan. Selain itu, jangan tidur terlalu larut malam ya!

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut