get app
inews
Aa Read Next : Willy Dozan Klaim Leon Dozan Tidak Aniaya Rinoa Aurora: Cuma Tarik Menarik

Inilah 6 Hal Unik Yang Hanya Ada di Belanda

Jum'at, 14 April 2023 | 22:13 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Belanda adalah sebuah negara yang sebagian besar terletak di Benua Eropa. Belanda merupakan bagian dari Kerajaan Belanda, sebuah negara monarki konstitusional yang mencakup seluruh bagian Belanda Eropa serta Belanda Karibia. Belanda terdiri dari dua belas provinsi di Eropa Barat dan tiga pulau teritori di Karibia.

Setidaknya ada 6 hal unik yang hanya bisa ditemukan di Belanda. Negara Kincir Angin memang memiliki sejuta keunikan baik dari segi wisata, tradisi, budaya, hingga gaya hidup masyarakatnya.

Tak heran jika banyak traveler memilih Belanda sebagai salah satu destinasi tujuan liburan di Eropa. Selain memiliki bangunan yang klasik dan sangat estetik, negara satu ini memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Kendati begitu, ada hal unik yang hanya ditemukan di Belanda. Ini pun menjadi salah satu alasan para traveler untuk bertandang.

Penasaran hal apa saja tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

6 Hal Unik Ini Hanya Ditemukan di Belanda

1. Sangat melindungi hewan

Belanda sangat melindungi hewan. Bahkan hampir tak ada hewan peliharaan yang telantar di negara ini. Hewan peliharaan yang ada sangat dilindungi dan diperlakukan dengan baik.

Tidak ada kucing dan anjing yang berkeliaran liar di jalanan karena pemerintah sangat melarang hal yang membahayakan hewan.

2. Perlintasan satwa liar (Ecoducts)

Belanda juga memberikan perlindungan kepada satwa liar. Ini dibuktikan dengan adanya beberapa perlintasan satwa liar dibangun untuk memungkinkan hewan menyeberang jalan dengan aman dari satu bagian hutan ke hutan lainnya.

3. Memiliki jalur sepeda bertenaga surya pertama di dunia

Proyek SolaRoad adalah hasil kolaborasi antara pemerintah Belanda, sektor swasta, dan akademisi. Bagian pertama dari jalan dibuka pada 2015.

Dengan lintasan hanya 100 m, ini menjadi terobosan besar dalam pembangunan jalan di masa depan. Gagasan utama dari proyek ini terkait tenaga surya dari jalan digunakan untuk penerangan jalan dan pengisian kendaraan listrik.

4. Tempat charger mobil listrik berdekatan

Selain proyek jalur sepeda bertenaga surya, Belanda juga memiliki titik pengisian daya untuk mobil listrik dengan jarak 50 meter satu sama lainnya. Ini sebagai dukungan pemerintah dalam mengembangkan transportasi masa depan yang ramah lingkungan.

5. Ada kota tanpa kendaraan bermotor

Salah satu kota di Belanda diketahui telah menerapkan kebiasaan untuk mengurangi penggunaan mobil. Kota Houten dianggap sebagai tempat teraman di dunia.

Sebab sejak awal 1980-an, 4.000 warganya membuat keputusan untuk mendorong semua orang dengan memulai bersepeda daripada menggunakan mobil. Kini, semua warga terbiasa untuk mengendarai sepeda setiap harinya.

6. Larangan penjualan bensin dan diesel

Hal unik lain negara Belanda selanjutnya yang jarang diketahui adalah pihak berwenang melarang penjualan kendaraan bertenaga bensin dan diesel. Mobil bertenaga bensin dan diesel tidak lagi tersedia di Belanda pada 2025.

Uniknya lagi, pemilik mobil bahan bakar alternatif tak harus membayar pajak kendaraan bermotor pribadi. Akibatnya, mobil ramah lingkungan pun menjadi 15.000 euro lebih murah.

Itulah 6 hal unik ini hanya ditemukan di Belanda.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut