get app
inews
Aa Read Next : Gilang Mengaku Pengunduran Dirinya Tidak Ada Tekanan Dari Pihak Manapun

Dispora Malang Belum Ada Progam Renovasi Stadion Kanjuruhan Malang

Kamis, 09 Maret 2023 | 15:39 WIB
header img
Kondisi stadion Kanjuruhan Malang (sumber/foto : okezone)

MALANG, iNewsProbolinggo.id - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang, belum memiliki progam renovasi stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur. Hal itu diungkap oleh Plt Kepala Dispora setempat Nurcahyo.

Pada Kamis (9/3/2023) Nurcahyo mengaku kalau saat ini belum ada kegiatan apapun di stadion yang menjadi markas Arema itu. Dan pihaknya tidak ada progam untuk merenovasi atau membangun kembali stadion yang pernah memakan korban jiwa itu.

Menurutnya, sesuai rencana Stadion Kanjuruhan ini akan dijadikan monumen untuk mengenang tragedi Kanjuruhan, yang terjadi pada 1 Oktober 2022. Untuk diketahui kembali, ketika itu, sebanyak 135 orang meninggal dunia pasca laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di lanjutan Liga 1 2022-2023.

"Perlu diketahui stadion sampai saat ini tidak ada rencana renovasi, kalau nanti jadi monumen, memang kemarin sudah bicara dengan manajemen Arema FC bahwa stadion akan dibangunkan monumen tragedi," tuturnya.

Namun Nurcahyo berjanji bakal menerima aspirasi dari Aremania (suporter Arema FC), yang menginginkan adanya pembangunan stadion baru di sekitaran Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, saat ini. Tetapi saran itu nantinya bakal diteruskan ke Bupati Malang, Sanusi untuk dikaji lebih dulu.

"Untuk bisa membangun homebase (stadion) kembali di sekitaran Stadion Kanjuruhan itu harapannya kami sampaikan dulu ke Bupati," ujarnya.

Sebagai informasi tambahan, Stadion Kanjuruhan menjadi saksi bisu 135 nyawa dan setidaknya 600 orang suporter Aremania terluka. Berawal dari masuknya segelintir oknum suporter usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023, kerusuhan besar terjadi.

Petugas kepolisian yang kewalahan, menembakkan gas air mata ke arah tribun penonton. Hal itu membuat para Aremania panik.

Efek kepanikan itulah membuat suporter berdesakan keluar pada malam maut itu. Tak pelak 135 nyawa melayang dan menjadi tragedi persepakbolaan terburuk di Indonesia.

Pasca kejadian, Arema FC mendapat sanksi tidak boleh bermain di Stadion Kanjuruhan. Singo Edan (julukan Arema FC) harus menjalani laga kandang minimal berjarak 250 kilometer dari Malang, tanpa penonton akibat sanksi yang dijatuhkan oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut