Logo Network
Network

Miliki Banyak Varian, Serabi Soso' Khas Paiton Probolinggo Ini Layak Anda Cicipi

Zainul Rifan
.
Minggu, 05 Februari 2023 | 18:09 WIB
Miliki Banyak Varian, Serabi Soso' Khas Paiton Probolinggo Ini Layak Anda Cicipi
Kue tradisional Serabi Sosso' (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Makanan tradisional nampaknya masih diminati oleh masyarakat, di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya kue tradisional Serabi Soso' olahan warga Desa Paiton, Kecamatan Paiton. 

Nama Serabi Sosso' , diambil dari prosesnya yang unik, di mana serabi yang sudah matang diangkat dari wajan tanah liat dengan cara dicongkel memutar, menggunakan sodet. Cara itulah yang menginspirasi pembuatnya, untuk memberi nama Serabi Soso'

Selain kuenya yang tradisional, serabi ini juga dibuat dengan alat yang serba tradisional. Seperti memasak dengan menggunakan tungku dan kayu bakar, itu dipilih agar aroma serabinya lebih harum dan rasanya lebih nikmat.

Tidak hanya itu, kue dengan berbagai macam varian rasa, juga menggunakan bahan-bahan yang tidak mengandung pengawet. Diantaranya; menggunakan telur ayam, pewarna alami dari dedaunan, santan, tepung terigu, tepung tapioka dan bahan pokok lainnya.

Ditemui di rumahnya, Minggu (5/2/2023), Owner Serabi Soso' Nur Hidayah menceritakan, kalau dirinya mulai belajar membuat serabi sejak tahun 2012 lalu. Namun baru mulai produksi dan mulai ada pesanan, pada 2018 lalu hingga kini. Pesanan demi pesanan, terus mengalir dari pelanggannya.

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.