get app
inews
Aa Read Next : Tips Memilih Fashion yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Ingin Usir Uban, Coba Biasakan Konsumsi Mamin Ini !

Sabtu, 03 Desember 2022 | 13:02 WIB
header img
Ilustrasi makanan penunda tumbuhnya rambut putih atau uban (foto : Unsplash)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Bagi anda yang merasa tidak nyaman memiliki rambut putih (uban), mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman ini, sepertinya bisa menjadi alternatif guna mengusirnya. 

Sebagaimana diketahui, "rambut putih" sedang viral di media sosial. Ini berkaitan dengan pidato Presiden Joko Widodo dalam acara Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Sabtu (26/11/2022) lalu.

Dalam pidato, beliau menyebutkan bawah pemimpin yang memikirkan rakyatnya bisa dilihat dari penampilannya, seperti muka hingga rambut.

"Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan, dari penampilannya itu kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada," kata Jokowi.

Dikutip dari NDTV, ada beberapa makanan yang dapat mengetasi tumbuhnya rambut putih secara dini. Berikut ulasannya untk Anda.

Pertama, adalah Cokelat hitam. Makanan super yang mengejutkan, tetapi sangat kaya akan berbagai nutrisi, terutama antioksidan. Antioksidan membantu membersihkan racun dari tubuh yang mungkin menyebabkan rambut beruban prematur. Ini juga kaya akan tembaga yang membantu produksi melanin.

Kedua, Jamur. Sayur yang kaya akan tembaga. Seperti disebutkan di atas, tembaga membantu produksi melanin. Melanin adalah komponen pigmen yang bertanggung jawab memberi warna pada rambut kita dan juga kulit kita. Kurangnya melanin juga dapat mempercepat rambut beruban.

Ketiga, Sayuran hijau. Mengacu pada kelompok sayuran silangan. Kelompok ini meliputi bayam, kembang kol, brokoli, kol, kangkung, dan sebagainya. Sayuran ini sangat kaya akan zat besi, folat, vitamin, kalsium, dan nutrisi lain yang meningkatkan kesehatan rambut.

Keempat, Produk susu. Seperti susu, keju, yogurt, dll kaya akan vitamin B12, kalsium, protein, dan berbagai nutrisi lain yang membantu produksi melanin. Yogurt khususnya adalah probiotik dan kaya akan antioksidan.

Kelima, Telur. Kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh, untuk menjaga kesehatan rambut. Ini juga kaya akan vitamin B12, yang kekurangannya terkait dengan uban prematur. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi telur utuh dan bukan telur putih saja.

Keenam, Kedelai. Sangat serbaguna dan populer sebagai pengganti protein, untuk diet nabati. Namun, kedelai juga kaya akan berbagai nutrisi lainnya. Jenis yang difermentasi juga dapat memberi tubuh antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal penyebab uban prematur.

Ketujuh, Makanan fermentasi. Sangat bagus untuk orang yang mengalami uban prematur. Makanan fermentasi seperti kombucha, kimchi, acar, dan makanan probiotik lainnya memastikan pencernaan yang lebih baik. Pencernaan yang lebih baik meningkatkan kadar biotin dalam tubuh. Komponen biotin secara langsung mempengaruhi kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Kedelapan, Lentil. adalah sejenis kacang-kacangan yang bentuknya gabungan kacang hijau dan biji jagung. Lentil merupakan sumber vitamin B9 dan berbagai nutrisi lain yang menjaga kesehatan rambut. Lentil juga sangat serbaguna dan dapat dimasak dengan berbagai cara berbeda yang membuatnya mudah untuk memasukkannya ke dalam makanan harian.

Artikel ini telah ditulis sebelumnya, di kanal https://lifestyle.okezone.com/read/2022/11/27/298/2715638/ramai-perbincangan-rambut-putih-ini-8-makanan-atasi-uban-muncul-dini

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut