get app
inews
Aa Read Next : Buah Penurun Kolesterol yang Wajib Dikonsumsi

Bagi Anda Penderita Ginjal, Jangan Nekat Makan Buah Ini !

Sabtu, 26 November 2022 | 13:20 WIB
header img
Foto Instagram #Niesukma

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Bagi anda yang mengalami masalah ginjal, tidak semua buah-buahan yang bisa anda konsumsi loh ! Pasalnya, ada beberapa buah yang memiliki cukup banyak kalium alias potassium.

Bagi penderita penyakit ginjal, mereka hanya diperbolehkan mendapat asupan kalium sebanyak tidak lebih dari 2.000 mg per hari. Supaya penyakit tidak makin memburuk, penderita sakit ginjal juga perlu menghindari konsumsi beberapa buah ini, seperti dilansir dari KlikDokter:

Pertama, Pisang. Pisang mengandung kalium yang tinggi, yaitu 422 mg. Makin tinggi potassium, makin besar risiko perburukan penyakit ginjal kamu.

Kedua, Jeruk. Satu jeruk besar seberat 184 gram mengandung 333 mg kalium. Jika dibuat jadi secangkir jus, jumlah kaliumnya bertambah jadi 473 mg. Karena tingginya kandungan kalium dalam jeruk, hindari konsumsi jeruk maupun produk olahannya, ya!

Ketiga, Aprikot. Satu cangkir aprikot segar mengandung 427 mg kalium. Sementara, satu cangkir aprikot kering memiliki lebih dari 1.500 mg kalium.

Keempat, Tomat. Secangkir saus tomat mengandung lebih dari 900 mg potassium. Hindari buah tomat segar maupun yang sudah diolah agar kerusakan ginjal tidak makin parah.

Kelima, Belimbing. Dimana banyak mengandung kalium, kini kamu sudah mengetahui bahaya belimbing untuk pengidap sakit ginjal. Jaga kesehatan dengan tidak mengonsumsi belimbing maupun buah tinggi kalium yang bisa membahayakan ginjal.

Artikel ini telah ditulis sebelumnya, lewat kanal https://lifestyle.okezone.com/read/2022/11/21/298/2711896/4-buah-ini-yang-harus-dihindari-para-penderita-ginjal

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut