get app
inews
Aa Read Next : Tiga Tempat Di Kawasan Wisata Bromo Kembali Disesuaikan Penamaan Lokal

Ratusan Rumah di Kota Probolinggo Terendam Banjir Luapan Air Sungai Legundi

Minggu, 20 November 2022 | 23:34 WIB
header img
lokasi banjir di kota Probolinggo (foto: Gianto/iNewsProbolinggo.id)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Hujan deras di kawasan lereng Gunung Bromo, membuat aliran sungai Legundi banjir. Akibatnya, ratusan rumah di Kelurahan Pohsangit Kidul, Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo terendam banjir.

Peristiwa itu, terjadi sekira pukul 18.00, Minggu (20/11/2022). Terendamnya ratusan rumah milik warga, disebabkan Dam Kelep, Sungai Legundi tersumbat sehingga airnya meluap.

Bahkan, luapan air itu hingga membanjiri sepanjang jalan Profesor Hamka dan menimbulkan kemacetan yang panjang. 

Berdasarkan informasi, saat air sungai itu meluap, warga sempat ketakutan. Karena air yang meluap dari Sungai Legundi mencapai 30 -40 sentimeter. 

"Warga sempat ketakutan, karena air yang meluap dari sungai semakin membesar mengalir ke rumah warga," terang Saiful saat ditemui di lokasi. 

Beruntung, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo langsung tanggap. Mendengar kejadian itu, Dinas PUPR langsung menurunkan alat berat untuk mengangkat tumpukan sampah yang menyumbat Dam Kelep. 

"Ya, Dam Kelep itu tersumbat sehingga airnya meluap," ujar salah seorang petugas BPBD setempat, Yuda saat ditemui di lokasi. 

Berdasarkan catatan BPBD, ada ratusan rumah yang terendam banjir. Luapan air Sungai Legundi kembali surut, setelah dua jam kemudian.  

Menurut Yuda, kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, rumah warga terendam luapan air sungai.

Hingga pukul 21.30 WIB, petugas dari Satlantas Polres Probolinggo terlihat sibuk mengatur arus lalulintas. Sementara petugas dari BPBD dan PUPR membersihkan jalanan yang tertimbun lumpur, akibat luapan banjir.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut