get app
inews
Aa Read Next : Misteri Penemuan Tiga Ekor Kambing di Kota Probolinggo, Begini Penjelasan Polisi

Apa Benar Presiden Yang Datang Ke Kota Kediri Bisa Lengser ? Ternyata Begini Beberapa Mitosnya

Selasa, 15 November 2022 | 19:01 WIB
header img
Foto Instagram @wisatakabupatenkediri

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Kota Kediri merupakan kota ketiga tertua, di wilayah Jawa Timur. Kota setempat, dikenal memiliki beragam mitos dan misterinya sejak jama dahulu. 

Bahkan, Kota Kediri diyakini sebagian masyarakat sebagai kota keramat. Itu karena, presiden yang datang ke Kediri bisa lengser dari jabatannya. Ada 5 mitos dari Kota Kediri yang konon  bisa bikin Presiden Indonesia lengser diantaranya;

Pertama, Adanya piramida. Masyarakat Kediri mempercayai adanya sebuah piramida terpendam di bawah tanah kota ini. Misteri peninggalan pra sejarah ini, diyakini masyarakat lantaran Gunung Klothok yang berada di dekat Gunung Wilis ini tampak seperti piramida. Bentuknya juga unik dan tidak biasa, sehingga banyak yang percaya di dalamnya terdapat candi atau piramida.

Kedua, Buaya putih penghuni Sungai Brantas. Mitos tentang keberadaan buaya putih yang menghuni Sungai Brantas, sudah ada sejak dahulu. Kepercayaan ini muncul, karena sungai yang sudah ada sejak zaman Mataram kuno kerap menelan korban jiwa dan buaya putih dituding sebagai penyebabnya.

Ketiga, Presiden bisa lengser. Mitos ini, rupanya sudah ada sejak zaman kerajaan Kalingga dikuasai oleh Kartikea Singha.

Zaman itu Kartikea Singha menyusun sebuah kitab hukum pidana yang diberi nama Kalingga Darma Sastra yang terdiri dari 119 pasal. Kartikea Singha juga memberikan kutukan, “Siapa kepala negara yang tidak suci benar masuk wilayah kota Kediri maka dia akan jatuh.”

Dengan ada cerita itu lah, maka mitos yang berkembang di masyarakat, Kota Kediri dianggap sebagai wilayah 'wingit' yang tidak boleh didatangi oleh Presiden Republik Indonesia. Buktinya, dari daftar enam presiden RI, hanya tiga presiden yang berani datang ke Kota Kediri yaitu, Soekarno, B.J. Habibie, dan Gus Dur.

Percaya atau tidak, mereka akhirnya dilengserkan dari jabatannya dengan cara politik tak lama setelah melakukan kunjungan ke Kota Kediri.

Keempat, Ramalan Jaya Baya. Salah satu ramalan yang banyak dipercaya masyarakat Indonesia, khususnya yang berdarah Jawa adalah Ramalan Jaya Baya. Ramalan tersebut ditulis oleh Jaya Baya, raja Kerajaan Kediri.

Dalam ramalannya, sang raja menuliskan tanah Jawa akan berkalung besi dan akan dijajah wong cebol (orang bertubuh pendek). Ramalan tersebut dikaitkan dengan rel kerata api yang kini mengelilingi pulau Jawa dan dulunya Indonesia pernah dijajah oleh Jepang.

Kelima, Dilarang menikah dengan orang Lamongan. Mitos ini bermula dari kisah dua putri kembar bernama Dewi Andansari dan Dewi Andanwangi yang di masa lalu, ingin dinikahkan dengan putra kembar Bupati Lamongan.

Sayangnya, pernikahan yang direncanakan justru gagal dan memicu peperangan antara Kerajaan Kediri dan Kerajaan Lamongan. Dalam situasi tersebut, Raja Lamongan dikabarkan tewas dan memberikan pesan agar anak cucunya tidak boleh menikah dengan orang Kediri.

Artikel ini telah ditulis sebelumnya, lewat kanal https://lifestyle.okezone.com/read/2022/11/10/612/2704546/5-mitos-kota-kediri-konon-bisa-bikin-presiden-indonesia-lengser?page=3

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut