get app
inews
Aa Read Next : 10 Daerah Penghasil Batik Terpopuler di Indonesia

Enam Pemain Naturalisasi Diprediksi Bela Timnas Indonesia Di Piala Asia 2023

Selasa, 15 November 2022 | 19:14 WIB
header img
Jordi Amat, salah satu satu pemain naturalisasi yang akan perkuat Timnas Indonesia (foto/sumber: okezone)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Timnas Indonesia pada piala Asia 2023 mendatang diprediksi bakal diperkuat 6 pemain naturalisasi. Dimana 6 pemain sepakbola dunia ini dipilih untuk memberikan tambahan energi Timnas Indonesia. Saat ini beberapa diantaranya diproses untuk kepindahannya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Adapun 6 pemain yang sangat potensi membela timnas adalah Jordi Amat. Pesepakbola berdarah Spanyol-Indonesia ini sudah punya jam terbang mumpuni, sehingga disebut layak dibawa Shin Tae-yong untuk mentas di Piala Asia 2023.

Bahkan, bek 29 tahun ini diketahui hampir mencicipi juara Piala Dunia U-17 saat dirinya membela Spanyol pada 2009 silam. Ketika itu Jordi Amat mentas bersama para pemain dari Spanyol, yang sekarang ini sudah mendunia. 

Salah satu yang paling dikenal adalah Alvaro Morata. Jordi Amat menjadi andalan saat Timnas Spanyol U-17 di bawah asuhan Luis Milla. Ia turun di Piala Dunia U-17 yang digelar di Nigeria, sampai bisa tembus semifinal. 

Sayangnya, Timnas Spanyol U-17 gagal melangkah ke final usai takluk 1-3 dari Nigeria. Namun, Spanyol sukses menempati peringkat ketiga setelah menang 1-0 atas Kolombia di perebutan tempat ketiga.

Kemudian Shayne Pattynama, kiprahnya di level Eropa, jelas membuat kontestan Piala Asia 2023 wajib memperhitungkan Shayne Pattynama bersama Timnas Indonesia.

Meski saat ini belum resmi jadi WNI, proses natualisasi Shayne Pattynama terus berjalan. Terbaru, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sudah menyetujui pengajuan naturalisasi Shayne Pattynama. Dengan kata lain, bek 24 tahun ini hanya tinggal mendapat restu dari Presiden Joko Widodo dan diambil sumpah jadi WNI.

Lalu Marc Klok, pemain naturalisasi yang bisa perkuat Timnas Indonesia di level Asia. Gelandang Persib Bandung ini juga sudah jadi andalan Shin Tae-yong sejak SEA Games 2021 silam.

Selain itu, Marc Klok juga turut membantu Timnas Indonesia berjaya di kualifikasi Piala Asia 2023 silam. Chemistry dengan sejumlah pemain Timnas Indonesia, juga membuat Marc Klok cukup bisa berkomunikasi dengan baik dengan kompatriotnya.

Selanjutnya Sandy Walsh, berbeda dari dua pemain sebelumnya, yang masih di bawah usia 20 tahun, Sandy Walsh dinilai layak main di Timnas Indonesia level senior.

Pemain KV Mechelen ini dianggap bisa menjaga kedalaman skuad Timnas Indonesia ketika mentas di level Asia nanti. Pasalnya, pemain 27 tahun itu punya segudang bekal mentereng di level Eropa untuk membuat Timnas Indonesia berjaya.

Dan Ivar Jenner, pemain berdarah Belanda-Indonesia ini juga ikut tampil bersama Timnas Indonesia U-20 saat berjumpa Baerum SK. Di laga itu, Ivar Jenner tampil sejak menit awal. Skill individunya, memukau pencinta sepakbola Tanah Air. 

Ia dinilai berani di lapangan dan tak panik, meski mendapat tekanan dari lawan. Sebab demikian, Shin Tae-yong disebut layak membawa Ivar Jenner mentas di Piala Asia U-20 2023 mendatang.

Serta Justin Hubner, bek andalan Wolverhampton Wanderers (Wolves) U-21 ini tengah diproyeksikan untuk bisa membantu lini belakang Timnas Indonesia U-20. Terbaru, ia sempat ikut bermain di laga uji coba Timnas Indonesia U-20 vs Bærum SK U-20.

Penampilannya yang apik menuai sejumlah pujian dari pencinta sepakbola Tanah Air. Justin Hubner dinilai berani saat di lapangan. Tak heran, ia digadang-gadang bakal membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 atau bahkan di level senior.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut