get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Datang ke Gianyar Bali Atribut PDIP Terpasang di Rute Presiden Bersih Dilepas: Harus Netral

Capai Target Swasembada Gula, Jokowi Siapkan 700.000 Ha Lahan Tebu

Jum'at, 04 November 2022 | 18:10 WIB
header img
(foto/sumber : iNews.id)

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyiapkan lahan tebu seluas 700.000 hektare (ha). Ini dilakukan untuk mencapai target swasembada gula dalam 5 tahun mendatang. 

Dia menuturkan dari target 700.000 ha, saat ini baru tersedia 180.000 ha. Nantinya, lahan tebu tersebut bakal tersebar di beberapa daerah, yakni di Jawa maupun luar Jawa.
Kita bisa betul-betul menyiapkan 700.000 hektare, kita akan mandiri, kita akan swasembada gula dalam 5 tahun ke depan," katanya, Jumat (4/11/2022). 

Dalam kesempatan itu, Jokowi berkesempatan melakukan dialog denganpara petani tebu soal penanaman tebu dengan varietas baru.
"Ini kita telah memulai sesuatu yang baru untuk urusan tebu, karena kita gunakan varietas yang paling baru ini. Tadi dr. Plinio (pakar tebu dari Brasil) menyampaikan bahwa di sini tidak perlu pemupukan untuk yang nitrat, kemudian yang potas tidak perlu karena tanahnya sudah bagus. Ini yang sangat bagus," tutur Jokowi.

Dia menjelaskan, penanaman tebu dengan varietas baru dalam waktu 26 hari menunjukkan hasil baik. Bahkan, hasilnya lebih baik dibandingkan di Brasil.

"Dengan telah ditanam (varietas baru) ini yang sudah 26 hari, dilihat tadi hasilnya luar biasa. Biasanya di Brasil itu hanya nongolnya 2 (batang), di sini bisa nongol 4 atau 5 (batang). Ini juga sesuatu yang luar biasa," ujarnya. 

Sumber : http://inews.id/

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut