get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Probolinggo Dorong Percepatan Sertifikasi Halal Bagi UMKM

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Borong Produk Pesantren, Pada Expo UMKM di Banyuwangi

Kamis, 01 September 2022 | 22:33 WIB
header img

BANYUWANGI. iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, mengunjungi Expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pondok Pesantren Se-Jawa Timur di Gedung Seni Budaya (Gesibu) Blambangan - Banyuwangi, Kamis (1/9/2022).

Expo UMKM tersebut, menghadirkan beragam produk unggulan dari 50 Ponpes dan Himpunan Pengusaha Nahdliyin wilayah Jawa Timur yang menjadi mitra binaan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Berbagai produknya, meliputi ; kerajinan tangan, aneka keripim sayur dan buah, produk olahan ikan, anek sambal dan makanan siap saji. Selain itu, ada pula aksesoris, perabotan rumah tangga dan batik. 

Dalam kehadirannya, Luhut nampak senang saat melihat berbagai produk karya UMKM sejumlah Ponpes tersebut. Bahkan Luhut sempat menyicipi jajanan kripik buah, sayur serta memborong produk unggulan dari Ponpes Alhidayah Kota Malang. 

"Presiden Jokowi selalu menekankan, ekonomi kerakyatan serta pemberdayaan pondok pesantren. Saya kira inilah wujudnya, maka sesuai arahan Presiden semua saling membahu dan mendorong ini,"tutur Luhut. 

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengaku bersyukur dan berterima kasih, karena daerahnya terpilih sebagai tuan rumah expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pondok Pesantren Se-Jawa Timur. Selain itu, turut mendukung perputaran ekonomi masyarakat Banyuwangi. 

"Selama ini kami terus melakukan berbagai upaya, untuk mendorong pengembangan UMKM daerah. Mulai warung naik kelas, fasilitas PIRT dan bantuan alat produktif serta membentuk pemdamping UMKM,"ujarnya.

Lanjut Ipuk, pihaknya juga menggeber ongkos kirim gratis produk UMKM ke berbagai wilayah Se-Indonesia. Di mana apabila membeli di UMKM Banyuwangi, bisa langsung dikirim gratis lewat PT Pos.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut