get app
inews
Aa Read Next : Gelar Ujian Bahasa Mandarin, SMA Nurul Jadid Diserbu Puluhan Peserta Luar Daerah

Upacara Yadnya Kasada Dilaksanakan, Sesaji Dilempar ke Kawah Gunung Bromo

Kamis, 16 Juni 2022 | 15:27 WIB
header img
Persiapan para dukun sebelum melempar sesaji ke kawah gunung bromo (foto/rifan)

PROBOLINGGO, iNews.id - Warga Hindu Tengger Bromo, para tokoh adat, tokoh agama serta para dukun pandita di lereng Gunung Bromo melakukan upacara Yadnya Kasada 1944 Saka, pada Kamis (16/6/2022). Sekitar pukul 04.00 WIB sesaji yang dipersiapkan langsung dibawa untuk dilempar ke kawah gunung bromo.

Sebelum melempar sesaji ke kawah itu, terlebih dulu para dukun dan pandita dari 4 kabupaten. Meliputi, Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo, lebih dulu bersembayang mengikuti ritual doa Yadnya Kasada.

Doa dipimpin ketua dukun pandita Sutomo, yang dipusatkan pada pure poten luhur yang berada di tengah lautan pasir gunung bromo.

Sukarji, Dukun Pandita asal Kecamatan Tosari, Kabupaten Probolinggo, mengatakan kalau makna dari Yadnya Kasada ini merupakan bentuk pengertian agar umat hindu tidak sombong, mempunyai rasa sukur, dan tidak takabur.

Setiap kali mendapatkan rejeki harus berbagi satu sama lainnya. Lalu setiap tahunnya disisihkan kepada leluhur untuk dikirim ke kawah bromo, agar selalu diberi nikmat yang baik dan rejeki bertambah.

"Yang terpenting kita selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh sang pencipta, dengan mengirim dan melarung sesaji ke kawah Bromo, agar kita dilimpahkan rejeki, kesehatan dan diberi keselamatan dalan hidup," terangnya.

Disamping itu, Bambang Suprapto, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo, mengatakan kalau Yadnya Kasada ini merupakan korban suci. Dimana korban suci yang dimaksud tentang pengorbanan diri Raden Kusuma terhadap anak keturunannya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut