SURABAYA, iNews.id - Ansoruna Bussiness School PW GP Ansor Jawa Timur selesai menggelar workshop digital marketing. Banyak terobosan yang dihasilkan dari hasil workshop ini.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (15-17 April 2022) di Hotel Mercure Surabaya yang diikuti oleh peserta pelaku usaha terpilih dari perwakilan seluruh Pimpinan Cabang GP Ansor di Jawa Timur ini telah tuntas memberikan banyak materi penting dalam dunia digital marketing.
Ada beberapa materi yang diberikan guna menunjang skill peserta, diantaranya Digital Marketing Strategy, Content and Copy Writing Strategy, Manajemen Tool Marketing Strategy, dan Social Media Marketing Strategy. Bahkan disesi akhir peserta diberikan materi teknik photography desain produk.
Abdullah Huda, salah satu peserta yang mewakil PC GP Ansor Kota Kraksaan mengaku semakin termotivasi dan memiliki ilmu baru serta relasi baru untuk mengembangkan usahanya.
“Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini saya semakin banyak menerima ilmu khususnya di digital marketing, selain itu juga saya semakin bertambah jejaring pelaku UMKM di Jawa Timur” Terang Huda sapaan akrabnya.
Dilain sisi Zulkarnain salah satu pemateri di workshop itu menyebutkan masih banyak tugas yang perlu dikerjakan oleh para peserta untuk lebih meningkatkan kompetensinya dibidang digital marketing.
Musaffa Safril Ketua Ansoruna Jawa Timur (foto/istimewa)
"Selain kompetensi yang sudah meningkat dalam bidang ekonomi digital, tugas lain yang harus di lakukan peserta adalah konsistensi dalam menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan untuk di terapkan di masing-masing Cabang. Agar kompetensi menjadi semakin berkah maka alumni workshop digital harus memberikan sumbangsih keilmuannya di level PAC dan Ranting. Agar barisan ekonomi ansor yang sedang kita bangun bersama terkonsolidasi dari mulai PW hingga ranting" harap zulkarnain yang juga merupakan instruktur ACTA Jawa Timur
Sementara itu ketua Ansoruna Bussiness School PW GP Ansor Jawa Timur Musaffa Safril mengapresiasi semangat dan komitmen peserta yang tetap aktif dan produktif selama pelatihan meskipun dalam kondisi puasa ramadhan.
Hal ini membuat dirinya dan tim Think Thank Ansoruna Bussiness School PW GP Ansor Jawa Timur harus menyiapkan lebih detail skema follow up pelatihan yang terencana dan terukur.
“Kita sudah rumuskan beberapa rencana tindak lanjut dari workshop digital marketing. Prinsipnya kita ingin peserta yang sudah dilatih selama tiga hari benar-benar memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan usaha kader Ansor di masing-masing cabang" Terang kader Ansor yang akrab disapa Safril.
Safril membeberkan terkait skema tindak lanjut yang wajib dilakukan oleh para peserta setelah kembali ke PC GP Ansor di daerahnya masing-masing.
“Pertama, peserta akan membuat branding produk unggulan UMKM dari PC masing-masing. Kemudian kedua, membuat landing page produk dengan sub domain Ansoruna Jatim, Ketiga membuat konten planing digital marketing dari produk Unggulan PC. Keempat membuat desain marketing produk unggulan PC. Kemudian nanti saya minta Share di Akun Sosial Media resmi PC dan tandai Akun resmi Ansoruna Jatim, PW Ansor Jatim dan PP GP Ansor,” tandasnya.
Lebih lanjut guna memperluas jangkauan gerakan, Safri sedang menyiapkan tim khusus untuk mematangkan skema pelatihan dan pembentukan tim akselerasi pendamping UMKM Ansor di level pimpinan cabang.
“Dalam diskusi kita juga punya ide gagasan untuk melanjutkan gerakan ekonomi Ansor dengan membangun tim akselerasi pendamping UMKM yang akan mengadvokasi usaha dalam bidang legalitas usaha, digital marketing dan pendampingan permodalan” Urai Safril.
Dirinya juga berharap agar peserta Workshop Digital Marketing memberikan ilmu yang didapat selama pelatihan dengan mengadakan coaching clinic kepada pelaku UMKM Ansor di daerahnya.
“Tugas lain yang lebih strategis adalah menyiapkan barisan ekonomi yang terkonsolodasi dengan rapi, yang menghubungkan seluruh jaringan ekonomi Ansor dari tingkat wilayah hingga ranting” Pungkasnya.
Editor : Ahmad Hilmiddin