PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Tiket pemesanan angkutan lebaran 2025 di Kota Probolinggo, kini sudah mulai dibuka. Kini PT KAI Persero Daerah Operasi (DAOP) 9 Jember menambah kursi penumpang untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.
Manager Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro mengatakan, tiket kereta api untuk keberangkatan 21 Maret 2025 atau H-10 Lebaran sudah dapat dipesan sejak 4 Februari 2025 atau H-45 sebelum keberangkatan.
"Sedangkan untuk hari ini, Jumat (7/2) telah dibuka pemesanan tiket untuk keberangkatan 24 Maret 2025 atau H-7 Lebaran,” terangnya, pada minggu (16/2/2025) sore.
Selama Angkutan Lebaran 2025, KAI akan mengoperasionalkan 24 perjalanan kereta api reguler, jumlah ini meningkat dibanding Lebaran 2024 yang hanya melayani 20 perjalanan.
Tentu dengan bertambahnya perjalanan kereta api, juga membuat kapasitas bertambah.
"Total kapasitas yang tersedia untuk kereta api keberangkatan dari Probolinggo, sebanyak 8.536 tempat duduk perhari, meningkat 15 persen dari sebelumnya 7.412 tempat duduk setiap harinya,” tuturnya.
Bertambahnya kapasitas untuk kereta api keberangkatan kereta pada Lebaran 2025, dikarenakan telah dioperasikannya KA Mutiara Timur secara reguler.
Selain itu juga adanya KA Ijen Ekspres relasi Ketapang – Malang yang resmi beroperasi sejak 1 Februari 2025 seiring pemberlakukan Grafik Perhalanan Kereta Api (Gapeka) 2025.
Dari 8.536 tempat duduk yang tersedia setiap harinya pada Angkutan Lebaran 2025, sebanyak 5.484 tempat duduk tersedia untuk kereta jarak jauh yang bisa dipesan oleh para pelanggan saat ini.
Sedangkan 3.052 tempat duduk sisanya tersedia untuk kereta lokal kereta Pandanwangi yang tiketnya bisa dipesan H-7 sebelum keberangkatan.
“Pemesanan tiket untuk Angkutan Lebaran 2025 dapat diakses melalui aplikasi Access by KAI, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya,” terangnya.
Pihaknya juga mengingatkan para pelanggan bahwa KAI telah menerapkan sistem antrean pada proses pemesanan tiket.
Sistem antrean ini diberlakukan pada aplikasi Access by KAI dan web kai.id dengan tujuan agar para pelanggan yang akan memesan tiket mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada saat puncak keramaian seperti musim Lebaran atau Natal, dan Tahun Baru.
Pada momen tersebut, juga terjadi kepadatan pemesanan tiket maka calon penumpang akan diarahkan kepada sistem antrean yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu.
Calon penumpang disarankan untuk tidak menutup aplikasi Access by KAI tersebut agar tetap terhubung dengan sistem.
Selanjutnya pada saat gilirannya, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa.
Para pelanggan diimbau untuk teliti pada saat melakukan pemesanan tiket, mulai dari memilih tanggal keberangkatan, menentukan relasi, dan memasukkan data diri.
Dengan merencanakan perjalanan sebaik mungkin, akan membuat perjalanan dengan kereta api semakin nyaman.
“Mengingat tingginya peminat transportasi kereta api pada musim lebaran, KAI Daop 9 Jember mengimbau calon penumpang untuk segera merencanakan perjalanannya sejak jauh hari. Dengan pemesanan lebih awal, masyarakat dapat memilih jadwal keberangkatan yang sesuai dengan kebutuhan serta menghindari kehabisan tiket,” tandasnya.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait