Kotak Amal Masjid di Kota Probolinggo Dibobol Maling

Raphel Azizah
Lokasi Kotak amal yang dicuri pelaku (FOTO : Raphel/iNewsProbolinggo.id)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.idKotak amal di Masjid An Nur, Jalan Suyoso, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo dibobol maling, pada rabu (16/10/2024) pagi, sekitar pukul 05.30 WIB.

Takmir masjid An Nur, Muhammad Sadun mengatakan, aksi pelaku sempat terekam  kamera CCTV masjid. Pelaku berhasil menggasak uang tunai di dalam kotak amal, sekitar dua juta rupiah.

Dalam rekaman CCTV, terlihat gerak gerik pelaku, memasuki masjid, melalui pintu sebelah barat. Bahkan sempat terlihat, pelaku menunda mengambil kotak amal tersebut.

“Mungkin karena ada satu jamaah yang sedang sholat subuh, jadi dia tidak langsung mengambil, namun, ketika situasi dirasa aman, pelaku pun langsung membawa kotak amap masjid yang berada di sisi pintu masuk masjid itu, ke dalam toilet perempuan,” terangnya.

Didalam toilet itulah, pelaku menguras semua uang pecahan di dalam kotak amal tersebut. Bahkan setelah menggasak habis uang kertas, pelaju hanya menyisakan pecahan uang koin beserta kotak amal yang sudah dibobol itu tetap di dalam toilet.

“Lalu pelaku pun terlihat meninggalkan masjid melalui pintu timur, kalau dilihat dari hasil rekaman CCTV, kami tidak pernah melihat wajahnya di wilayah sini,” ungkapnya.

Menurut Sadun, peristiwa serupa sudah dua kali terjadi di masjid An Nur tersebut. “Sekitar satu tahun yang lalu itu dulu, tapi tadi sudah ada pihak kepolisian, dari Polsek Mayangan datang kesini, untuk olah TKP,” imbuhnya.

Di lain sisi, Kasi Humas Polres Probolinggo Kota, Iptu Zainullah membenarkan adanya peristiwa tersebut. Hingga saat ini pihaknya masih dalam proses penyelidikan dan identifikasi terhadap pelaku.

“Benar, kita sudah mendatangi lokasi, dan sudah melakukan olah TKP, dengan dibantu dengan hasil rekaman CCTV sebagai bahan bukti, mohon waktu ya,” tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network